• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Industrial Engineering National Conference (IENACO)
    • IENACO (Industrial Engineering National Conference) 6 2018
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Industrial Engineering National Conference (IENACO)
    • IENACO (Industrial Engineering National Conference) 6 2018
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Perancangan Ulang Alat Penyegel Kemasan Makanan dengan Metode Axiomatic Design dan TRIZ

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (356.4Kb)
    Date
    2018-03
    Author
    Nugroho, Farid
    Purnomo, Hari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Staples merupakan salah satu cemaran fisik makanan yang harus dihindari pemakaiannya dalam pengemasan makanan. Secara metode, TRIZ dan Axiomatic Design (AD) telah banyak digunakan baik secara mandiri maupun digunakan secara sinergis. Tujuan dari penelitian ini adalah mendesain suatu alat yang dapat menggantikan staples untuk menyegel kemasan makanan. Alat yang didesain akan digunakan untuk menyegel kemasan berbahan plastik. Customer Attributes adalah alat yang dapat menyegel dengan rapat, mudah dibuka, dan tidak mencemari makanan. AD digunakan dalam proses identifikasi FR dan DP sedangkan TRIZ digunakan untuk menerjemahkan FR ke dalam DP. Dari produk staples, dilakukan trimming, menghilangkan isi staples yang berupa bahan metal. Dalam penggunaan su-field model dimanfaatkan thermal field untuk merekatkannya. Dari perancangan, terjadi physical contradiction separation in time yaitu kemasan harus merekat erat dan kemasan pun harus mudah dibuka. Alat yang dikonsep memuat sisi teknis berupa: menggunakan panas; menggunakan roller; dengan memberikan lubang sebagai pemantik; memanfaatkan sisi tidak terlaminasi; dan dapat melekatkan kemasan itu sendiri. Inventive principles TRIZ yang digunakan adalah local quality (3), merging (5), curvature (14), porous material (31), self service (25), periodic action (19), dan segmentation (1). Perancangan produk valid dan dapat memenuhi harapan konsumen dengan nilai signifikansi > 5%.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/9761
    Collections
    • IENACO (Industrial Engineering National Conference) 6 2018

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV