Smart Queue for Smart City Solusi Cerdas berbasis Web Page bagi Masyarakat yang Mengantri pada Pelayanan Bank
View/ Open
Date
2018-03Author
Rosyadi, Imam Arifin
Dio, Rafi
Prayoga, Roki
Metadata
Show full item recordAbstract
Konsep Smart City merupakan sebuah penerapan teknologi informasi dan komunikasi mutakhir yang mampu memperbaiki pelayanan pemerintah guna menghasilkan proses kerja yang lebih efektif dan efisien. Teknologi informasi ini memiliki pengaruh besar terhadap segala jenis pelayanan publik, Salah satu jenis teknologi adalah penggunaan internet yang membantu kegiatan masyarakat yaitu ketersediaan informasi pelayanan Bank Persero atau Swasta. Seorang nasabah belum mampu mengetahui seberapa lama dia menunggu jika keadaan Bank sedang terjadi antrian. Sistem E-banking juga belum menjadi alternatif karena keterbatasan yang mengakibatkan para nasabah perlu datang ke Bank secara langsung untuk melakukan keperluan. Konsep yang dibangun merupakan media untuk membantu masyarakat dalam pengambil keputusan dan informasi berbasis Web Page. Perancangan menggunakan metode SDLC (System Development Life Cycle) atau Siklus Hidup Pengembangan Sistem. Teknis kerja sistem memproses data-data yang sudah ter-Record dari database antrian Bank Persero atau Swasta di kota tertentu, kemudian memprosesnya hingga mendapatkan hasil informasi berupa data jumlah antrian dan nomor antrian yang sedang dilayani ke Web Page. Sistem informasi Smart Queue mampu memberikan informasi tentang berapa lama nasabah harus menunggu untuk dilayani oleh sistem sehingga nasabah tidak membuang-buang waktu ketika server sibuk. Oleh karena itu Smart Queue for Smart City mampu mengakomodasi masyarakat modern mengoptimalkan waktu dengan fasilitas yang ada.