Penerapan Market Basket Analysis Menggunakan Proses KDD (Knowledge Discovery in Database) Sebagai Strategi Penjualan Produk Swalayan (Studi Kasus: Swalayan X)
Abstract
Kebiasaan belanja konsumen dalam pembelian produk dapat dimanfaatkan oleh para peneliti dalam mengembangkan strategi pemasaran. Penentuan strategi pemasaran produk yang tepat dapat dilakukan dengan menganalisis kebiasaan belanja konsumen di dalam suatu usaha ritel. Market Basket Analysis adalah salah satu analisis keranjang belanja dalam penentuan strategi pemasaran dengan cara mengetahui produk yang dibeli secara bersamaan. MBA dapat digunakan dalam memahami kebiasaan konsumen dalam membeli produk-produk yang dijual melalui transaksi belanja dengan analisis association rule mining. Penelitian ini menggunakan Algoritma FP-Growth dalam mendapatkan hasil aturan asosiasi. Metodologi pada penelitian menggunakan proses KDD (knowledge discovery in database). Menggunakan 100 transaksi belanja pada suatu swalayan x di daerah Yogyakarta, penelitian ini berhasil mendapatkan hasil aturan asosiasi sebanyak 10 rule yang menjelaskan kebiasan belanja konsumen. Aturan asosiasi tertinggi mencapat nilai support dan confidence sebesar 12% dan 66,7% yaitu produk asosiasi antara departemen snack dan minuman. Selanjutnya dua strategi digunakan pada penelitian ini yaitu tata letak produk dan katalog promosi. Dengan menggunakan aturan asosiasi yang menjelaskan kebiasaan belanja konsumen, stretegi ini dapat meningkatkan kepuasan pelanggan serta profit dari swalayan.