• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Industrial Engineering National Conference (IENACO)
    • IENACO (Industrial Engineering National Conference) 6 2018
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Industrial Engineering National Conference (IENACO)
    • IENACO (Industrial Engineering National Conference) 6 2018
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Market Basket Analysis Menggunakan Proses KDD (Knowledge Discovery in Database) Sebagai Strategi Penjualan Produk Swalayan (Studi Kasus: Swalayan X)

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (529.3Kb)
    Date
    2018-03
    Author
    Alfiqra, A
    Alfizi, Faiza Yogi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kebiasaan belanja konsumen dalam pembelian produk dapat dimanfaatkan oleh para peneliti dalam mengembangkan strategi pemasaran. Penentuan strategi pemasaran produk yang tepat dapat dilakukan dengan menganalisis kebiasaan belanja konsumen di dalam suatu usaha ritel. Market Basket Analysis adalah salah satu analisis keranjang belanja dalam penentuan strategi pemasaran dengan cara mengetahui produk yang dibeli secara bersamaan. MBA dapat digunakan dalam memahami kebiasaan konsumen dalam membeli produk-produk yang dijual melalui transaksi belanja dengan analisis association rule mining. Penelitian ini menggunakan Algoritma FP-Growth dalam mendapatkan hasil aturan asosiasi. Metodologi pada penelitian menggunakan proses KDD (knowledge discovery in database). Menggunakan 100 transaksi belanja pada suatu swalayan x di daerah Yogyakarta, penelitian ini berhasil mendapatkan hasil aturan asosiasi sebanyak 10 rule yang menjelaskan kebiasan belanja konsumen. Aturan asosiasi tertinggi mencapat nilai support dan confidence sebesar 12% dan 66,7% yaitu produk asosiasi antara departemen snack dan minuman. Selanjutnya dua strategi digunakan pada penelitian ini yaitu tata letak produk dan katalog promosi. Dengan menggunakan aturan asosiasi yang menjelaskan kebiasaan belanja konsumen, stretegi ini dapat meningkatkan kepuasan pelanggan serta profit dari swalayan.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/9820
    Collections
    • IENACO (Industrial Engineering National Conference) 6 2018

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV