Perancangan Strategi Bisnis untuk Usaha Kecil Menengah Mie Ayam Sehat Organik dengan Metode SWOT dan TOWS
View/ Open
Date
2018-03Author
Handini, Luthfiah Ulfa
Aji, Satrio Suryo
Wardani, Retno Asri
Metadata
Show full item recordAbstract
Masyarakat pada saat ini sangat selektif ketika mencari kebutuhan sehari-hari terutama makanan yang akan mereka konsumsi. Makanan merupakan sumber tenaga untuk tubuh, sehingga makanan menjadi kebutuhan pokok bagi manusia. Saat ini sangat marak sekali makanan yang tidak sehat dan mengandung bahan pengawet yang dapat merusak tubuh dan berpengaruh terhadap kesehatan. Salah satu makanan yang menjadi kesukaan masyarakat Indonesia yang telah terkenal adalah mie ayam yang bahan bakunya berasal dari tepung. Namun, saat ini mie banyak menggunakan bahan-bahan berbahaya seperti pengawet agar mie lebih tahan lama. Pembuatan bahan baku mie dengan bahan organik seperti sayuran dan buah-buahan merupakan salah satu ide yang kreatif yang diciptakan oleh MIYADA (Mie Ayam Pedas) sehingga memiliki ciri khas tersendiri untuk makanan yang satu ini. Semakin berkembangnya zaman, maka persaingan menjadi lebih ketat lagi terutama untuk Usaha kecil menengah sehingga dibutuhkan strategi bisnis yang mumpuni guna dapat bersaing dengan UKM lainnya. Salah satu alasan dibutuhkannya strategi bisnis ini dikarenakan mie ayam organik ini belum terlalu dikenal masyarakat. Setelah melakukan percobaan untuk starategi bisnis yang menggunakan analisis SWOT dan juga TWOS. Dari hasil analisis TWOS didapatkan hasil bahwa strategi yang dibutuhkan ialah menggencarkan promosi, mementingkan kualitas, cita rasa, menggunakan media social sebagai akses promosi yang lebih efektif dan juga mengadakan promo menarik yang dapat mengundang para pelanggan. Melalui analisis SWOT usaha MIYADA berada dalam posisi kuadran I yaitu progressif dengan didukung oleh SO yang telah dimiliki oleh MIYADA (mie ayam pedas).