Strategi Pengembangan Industri Kreatif Kerajinan Topeng Era Industri 4.0
View/ Open
Date
2018-03Author
Arifianto, Endra Yuafanedi
Himawan, Rakhmat
Metadata
Show full item recordAbstract
Perkembangan industri kreatif kerajinan topeng di Kota Malang belum signifikan setiap tahunnya. Perlu langkah – langkah nyata yang dilakukan oleh pemerintah daerah, komunitas pelaku usaha industri kreatif dan perguruan tinggi dalam merumuskan strategi pengembangannya.. Penelitian ini menggunakan tools analisis SWOT untuk mengukur kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman komunitas pelaku usaha industri kreatif topeng malang. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan kearifan lokal Topeng Malang sebagai hasil karya seni dan budaya serta produk kerajinan bernilai ekonomis harus ditanamkan sejak usia dini sebagai identitas asli warga Kota Malang. Kolaborasi antar elemen daerah seperti komunitas industri kreatif (masyarakat), pemerintah daerah dan perguruan tinggi sangat diperlukan untuk mengembangkan potensi industri ekonomi kreatif di Kota Malang. Penerapan teknologi mulai dari hulu sampai hilir dalam proses industri kreatif topeng masih belum bisa dilakukan secara menyeluruh. Namun, ini menjadi tantangan untuk dilakukan perbaikan secara berkesinambungan kearah digitalisasi mengikuti trend saat ini. Kreativitas, inovasi dan semangat entrepreneur perlu ditingkatkan dengan cara menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi sehingga Industri kreatif topeng mampu bersaing dan memenangkan segmentasi generasi muda.