Antarmuka Manusia dan Komputer pada Game Edukasi Berbasis Model Kognitif Hirarki Tugas dan Tujuan
View/ Open
Date
2018-04Author
Rosyidah, Umi
Haryanto, Hanny
Kardianawati, Acun
Metadata
Show full item recordAbstract
Game Edukasi dapat memberikan pengalaman praktis yang berbeda dalam proses pembelajaran. Sebuah game edukasi akan menjadi lebih menarik jika ada karakter lawan (non player) yang bereaksi dengan baik terhadap aksi pemain (player). Hal ini akan membuat pengguna penasaran dan game menjadi menarik untuk dimainkan. Untuk membuat Game menjadi menarik untuk dimainkan diperlukan interface (antarmuka) yang baik. Antarmuka manusia dan komputer yang baik mampu memberikan pengalaman interaksi yang dapat dimengerti dengan mudah oleh penggunanya (user friendly). Antarmuka merupakan satu bagian yang disediakan pada game, yang bersentuhan langsung dengan pengguna sebagai media untuk berkomunikasi. Perancangan antarmuka dapat menggunakan beberapa model pengguna. Dalam penelitian ini, model yang diterapkan adalah model kognitif dengan representasi hirarki tugas dan tujuan dari pengguna. Model kognitif ini menerapkan model GOMS dan CCT, dimana model ini mewakili tugas dan tujuan pengguna. Model ini menggunakan pemrosesan mental untuk mencapai tujuan, yaitu dengan cara memecah ke dalam sub-tujuan yang bervariasi. Dengan antarmuka ini aplikasi game edukasi menjadi lebih interaktif dan mudah untuk digunakan sehingga meningkatkan pemahaman materi dari pengguna.