dc.contributor.author | Widyastuti, Rengganis | |
dc.contributor.author | Indrayati, Ariyani | |
dc.contributor.author | Sanjoto, Tjaturahono Budi | |
dc.date.accessioned | 2018-05-30T03:02:07Z | |
dc.date.available | 2018-05-30T03:02:07Z | |
dc.date.issued | 2018-04 | |
dc.identifier.citation | [1] Maryani, Enok. “Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Impherial” Bakti Utama. 2007. [2] Yuniastuti,Euis. “Upaya meningkatkan ketrampilan proses dan hasil belajar biologi dengan pendekatan jelajah alam sekitar (JAS),” SOCIOSCIENTIA 2013, vol 5, 45-56. [3] Sugiyono. 2011. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D”. Bandung: Alfabeta. [4] Marianti, Aditya, dan E.K. Nugroho. “Jelajah Alam Sekitar (JAS)”. Makalah Dipresentasikan pada Seminar dan Lo-kakarya Peningkatan Keterampilan Ku-rikulum Pendidikan Biologi dengan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar Juru-san Biologi FMIPA UNNES, Semarang. 2005. | id_ID |
dc.identifier.issn | 2580-8796 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/9864 | |
dc.description.abstract | Tujuan dalam penelitian ini adalah : (1) penerapan pendekatan jelajah alam sekitar sebagai sumber belajar geografi materi hidrosfer, (2) hasil belajar siswa ranah kognitif, (2) aktivitas siswa dalam pembelajaran ranah afektif (3) aktivitas siswa dalam pembelajaran ranah psikomotorik. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-experimental design dengan one group pretest-postest design. Pelaksanaan pendekatan jelajah alam sekitar memanfaatkan waduk Bade sebagai sumber belajar pada siswa kelas X SMA N 1 Andong Kabupaten Boyolali. Hasil analisis data menunjukan bahwa minat siswa terhadap pembelajaran dengan memanfaatkan waduk Bade sebagai sumber belajar dinyatakan tinggi dengan nilai 85,8 sedangkan aktivitas siswa baik ranah afektif dan psikomotorik dinyatakan tinggi dengan nilai 72,0 dan 83,8. Rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yang semula 63,0 meningkat menjadi 80,0. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar ranah kognitif, afektif dan psikomotorik sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa pendekatan jelajah alam sekitar dapat diterapkan sebagai alternatif pembelajaran geografi di luar kelas yang efektif. | id_ID |
dc.language.iso | other | id_ID |
dc.publisher | Seminar Nasional GEOTIK 2018 | id_ID |
dc.subject | JAS (Jelajah Alam Sekitar) | id_ID |
dc.subject | Sumber Belajar | id_ID |
dc.subject | Geografi | id_ID |
dc.subject | Hasil belajar | id_ID |
dc.title | Studi Eksperimen Pendekatan Jelajah Alam Sekitar sebagai Sumber Belajar Geografi pada Meteri Hidrosfer | id_ID |
dc.type | Article | id_ID |