Show simple item record

dc.contributor.authorHidayat, Syamsul
dc.date.accessioned2012-04-24T09:19:37Z
dc.date.available2012-04-24T09:19:37Z
dc.date.issued2007-07
dc.identifier.citational-A’zami, Muhammad Mustafa. 2005. The History of The Qur’anic Text From revelation to Compilation: A Comparative Study With The Old and New Testaments, (Jakarta: Gema Insani Press) Amal, Taufik Adnan. 2002. “Al-Qur’an edisi kritis,” dalam Wajah Liberal lslam di Indonesia (Jakarta: TUK) _________. 2001. Rekonstruksi Sejarah al-Qur’an.(Yogya-karta: FkBA) http://fokammsi.wordpress.com/category/kajian-pemikiran/ - _ftnref1__________, “Al-Qur’an Edisi Kritis” dalam kolom website Jaringan Islam Liberal. Armas, Adnin. 2005. Metodologi Bibel dalam Studi Al-Qur’an. (Jakarta: Gema Insani Press) http://fokammsi.wordpress.com/category/kajian-pemikiran/ - _ftnref4_______, “Arthur Jeffery: Orientalis Penyusun al-Qur’an Edisi Kritis”, Majalah Islamia, Vol III No.1, 2006, hlm 73. ________. 2003. Pengaruh Kristen – Orientalis terhadap Islam Liberal. (Jakarta: Gema Insani Press) kebenaran. Kesesatan itu berwujud berupa kesombongan, yakni menolak kebenaran dan meremehkan sesama manusia. Mungkin bisa disimpulkan bahwa pusat dan asal muasal kesesatan dan aliran sesat adalah ittiba’ul hawa, yang berwujud kesombongan, arogansi dan mengusung liberalisasi. Mestinya yang pertama-tama dibekukan atau dibubarkan adalah Liberal Islam, semisal JIL, dan sejenisnya. Memahami, menafsirkan kemudian mengamalkan dan memperjuangkan Al-Quran dan Sunnah mem-butuhkan jiwa dan hati nurani yang mukhlis, aqidah yang sahihah dan salimah, kemudian didukung ilmu-ilmu tentang metode dan qawaid al-tafsir. Insyaallah hasilnya tidak akan lari dari kebenaran. Wama taufiqi illah billah, wa fauqa kulli dzi ’ilmin ’Alim. Distorsi Penafsiran terhadap Al-Qur’an: Telaah atas ... (Syamsul Hidayat) 207 Husaini, Adian. 2005. Wajah Peradaban Barat. (Jakarta: Gema Insani Press) Majalah Pemikiran dan Peradaban, ISLAMIA, Shalahuddin, Henry. 2007. Al-Qur’an Dihujat. (Jakarta: Al-Qolam) http://fokammsi.wordpress.com/category/kajian-pemikiran/ - _ftnref2Taufik Adnan Amal, Rekonstruksi Sejarah al-Qur’an, (Yogya-karta: FkBA, 2001). http://fokammsi.wordpress.com/category/kajian-pemikiran/ - _ftnref3Untuk dukungan tokoh-tokoh yang lain silahkan lihat artikel, Adhian Husaini, “Ramai-Ramai Menghujat al-Qur’an”, www.hidayatullah. com: CAP ke-97 Abu Ali Al-Fadhl bin Hasan bin Fadhl Ath-Thabrasi. 1997. Majma’ Al-Bayan fi Tafsir Al-Qur’an. Beirut: Darul Kutub Al-Ilmiyah. Abu Bakar Al-Jazairi, Aisarut Tafasir. www.altafsir.com Al-Hafidz Ibnu Katsir. 2003. Tafsir Al-Qur’an Al-Adzim. Cairo: Darul Hadits. At-Tirmidzi. Al-Mukhtashar Asy-Syamail Al-Muhammadiyyah. tt.Urdun: Al- Makatabah Al-Islamiyyah. Az-Zamakhsyari, Al-Kasysyaf. www. altafsir.com H.A. Djazuli dan I. Nurol Aen. 2000. Usul Fiqih, Metodologi Hukum Islam. Jakarta: Rajawali Press. Ibnu Abbas, Tanwirul Miqbas min Tafsir Ibn Abbas. www. altafsir. com Ibnu Mandzur, Lisanul Arab.tt. Beirut: Dar Shadir. Muhammad Ali Ash-Shabuny. 2002. Cahaya Al-Qur’an, Tafsir Tematik Surat An-Nur-Fathir, (terj.) Munirul Abidin, MA, dari judul Qabasun min Nuril Qur’anil Karim. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar. Majma’ Al-Lughah Al-Arabiyyah. Al-Mu’’jam Al-Wasith, tt. Muhammad Al-Muqaddam. 2003. Fiqih Asyratus Sa’ah. Iskandaria: Dar Alamiyah. PROFETIKA, Jurnal Studi Islam, Vol. 9, No. 2, Juli 2007: 192-208 208 Muhammad bin Jarir Ath-Thabari. 2000. Jami’ul Bayan fi Tafsiril Qur’an. Mekah: Muassasah Ar-Risalah. Muhammad Jawad Mugniyyah. 1999. Fiqih Lima Mazhab, (terj.) Masykur A.B, Afif Muhammad, Idrus Al-Kaff, dari judul Al-Fiqh ‘ala al-Madzahib al- Khamsah, Jakarta: Penerbit Lentera. Muhammad Mutawalli Sya’rawi. 2006. Fiqih Wanita, (terj.) Ghozi. M, dari judul Fiqh al-Mar’ah al-Muslimah. Jakarta: Pena Pundi Aksara. M. Quraish Shihab. 2003. Tafsir Al-Mishbah, Pesan, Kesan dan Keserasian Al- Quran Jakarta: Lentera Hati. M. Quraish Shihab. 1998. Wawasan Al-Quran. Bandung: Mizan. Sayyid Sabiq. 2006. Fiqih Sunnah, (terj.) Nor Hasanuddin, dkk. dari judul Fiqhus Sunnah. Jakarta: Pena Pundi Aksara. Sayyid Qutb. Fi Zhilalil Qur’an. www. altafsir.com Syamsuddin Al-Qurthubi. Al-Jami’ li Ahkamil Qur’an. www. altafsir.org Wahbah Az-Zuhaili. 1991. At-Tafsir Al-Munir fil Aqidah was Syari’ah wal Manhaj. Damaskus: Darul Fikr. Wikipedia Indonesia www.hidayatullah.com www. islamlib.com Yusuf Qaradhawi. 1995. Fatwa-Fatwa Kontemporer. Jakarta: GIP.en_US
dc.identifier.issn1411-0881
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/986
dc.description.abstractAlquran and tafsir study in the beginning was destinated to add that faith and knowledge of Moslem. By deeping Al-Quran and the meaning / tafsir Moslem to be strong and obey to the Islamic teaching. Everything will be realized when someone believed that Al-Quran is Allah statements lafadz and meaning.But in the development, there was movement when then perception toward Al-Quran was changed. For example: when someone asked the otentecity of Alquran as Allah statements, finally Al-Quran study didn’t give meaning for the variegated for knowledge of someone. This writing tried to trace back the deviation models in tafsir Al-Quran, mainly in hermeneutic application for Al-Quran study.en_US
dc.subjectin vain ta’wilen_US
dc.subjecthermeneuticen_US
dc.subjectworld viewen_US
dc.subjectilhaden_US
dc.subjectmeaningen_US
dc.titleDISTORSI PENAFSIRAN TERHADAP AL-QURAN: Telaah atas Kebatilan Pendekatan Hermeneutika Terhadap Al-Quranen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record