Efektivitas Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) disertai E-Learning berbasis Edmodo terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Langkah Penelitian Geografi di Kelas X IPS SMA dan MA Assalaam Sukoharjo
View/ Open
Date
2018-04Author
Rahmawat, Erna Mardliyana
Muryani, Chatarina
Sarwono, S
Metadata
Show full item recordAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Perbedaan hasil belajar geografi antara yang menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), Contextual Teaching and Learning (CTL) disertai e-learning berbasis edmodo dan ceramah; (2) Perbedaan hasil belajar geografi antara yang menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Contextual Teaching and Learning (CTL) disertai e-learning berbasis edmodo; (3) Perbedaan hasil belajar geografi antara yang menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Ceramah; (4) Perbedaan hasil belajar geografi antara yang menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) disertai e-learning berbasis edmodo dan ceramah pada materi langkah penelitian geografi siswa kelas X IPS SMA dan MA Assalaam Sukoharjo. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis dalam bentuk soal pilihan ganda. Pengujian validitas menggunakan validitas isi dan validitas butir soal untuk megukur daya beda, tingkat kesukaran, dan reliabilitas. Pada pengujian normalitas mengguanakan metode liliefors, sedangkan pengujian analisis data menggunakan anava satu jalan (one way anava). Hasil penelitian ini adalah: (1) Ada perbedaan hasil belajar geografi yang signifikan antara yang menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), Contextual Teaching and Learning (CTL) disertai e-learning berbasis edmodo dan ceramah; (2) Tidak terdapat perbedaan hasil belajar geografi yang menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Contextual Teaching and Learning (CTL) disertai e-learning berbasis edmodo (kedua model sama-sama efektif); (3) Hasil belajar geografi yang menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) lebih baik dibandingkan dengan ceramah; (4) Hasil belajar geografi yang menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) disertai E-learning berbasis Edmodo lebih baik dibandingkan dengan ceramah pada materi langkah penelitian geografi siswa kelas X IPS SMA dan MA Assalaam Sukoharjo.