Pengaruh Online Peer Editing Berbasis E-Learning Terhadap Kemampuan Menulis Naskah Drama Dulmuluk
View/ Open
Date
2018-04Author
Nurhayati, N
Purnomo, Mulyadi Eko
Subadiyono, S
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan online peer editing berbasis e-
learning terhadap kemampuan menulis naskah drama Dulmuluk pada mahasiswa Program Studi Pendidikan
Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya. Penelitian ini
merupakan penelitian eksperimen dengan pre-experimental design. Penelitian menggunakan satu kelas yakni
kelas Mata Kuliah Sanggar Sastra yang diikuti sejumlah 20 mahasiswa pada semester ganjil 2016/2017. Data
dikumpulkan dengan tes baik tes awal maupun tes akhir. Validitas instrumen dilakukan dengan validitas isi
yang melibatkan teman sejawat. Teknik penyekoran tes awal dan tes akhir dengan menggunakan triangulasi.
Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan uji statistik melalui program SPSS 17. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa terdapat pengaruh online peer editing berbasis e-learning terhadap kemampuan
menulis naskah drama Dulmuluk. Hal ini menandakan bahwa H
yang berbunyi “Terdapat pengaruh online
peer editing berbasis e-learning terhadap kemampuan menulis naskah drama Dulmuluk” diterima.
Sementara itu, H
o
a
yang berbunyi “Tidak terdapat pengaruh online peer editing berbasis e-learning terhadap
kemampuan menulis naskah drama Dulmuluk” ditolak.