Bipa Sebagai Strategi Kebudayaan dan Implementasinya dalam Metode Pembelajaran
Abstract
Metode pembelajaran yang berorientasi pada budaya merupakan strategi membangun lingkungan belajar dan menciptakan pengalaman belajar dengan mengintegrasikan budaya sebagai bagian dari proses pembelajaran. Cara ini dianggap efektif sebagai langkah pelestarian dan pengenalan budaya Indonesia kepada khalayak dunia. Berdasarkan konteks tersebut, program pengajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA), layak diposisikan sebagai bagian dari suatu sistem diplomasi khsusnya diplomasi budaya. Sejalan dengan hal tersebut, melalui pembelajaran BIPA berbasis budaya, pemelajar BIPA menjadi lebih akrab dan menyatu dengan multikultural yang ada di Indonesia. Peluang itu dapat dijadikan sebagai media untuk memperkenalkan kekayaan nusantara dan budaya lokal Indonesia yang sangat unik dan beragam. Untuk mewujudkannya di lapangan, diperlukan metode pembelajaran BIPA yang intergratif dan kreatif dalam upaya memberikan pemahaman tentang bahasa serta budaya Indonesia di mata dunia Internasional.