Implementasi Model Contextual Teaching and Learning (Ctl) dalam Pembelajaran Puisi pada Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Pembelajaran sastra merupakan bagian yang tidak dapat dilepaskan dalam lingkungan pendidikan. Pembelajaran sastra, khsusunya puisi, akan memupuk kecintaan terhadap nilai-nilai budaya yang dapat memperkaya hidup peserta didik secara imajiner dan bermakna. Namun dalam perkembangannya, kemampuan peserta didik dalam memahami nilai-nilai moral dan budaya karya sastra puisi dapat digolongkan dalam kategori rendah. Kecenderungan proses pembelajaran puisi yang berfokus pada cara mendeklamasikan puisi yang menoton membuat nilai-nilai puisi semakin hilang. Oleh karena itu, dibutuhkan kreatifitas pendidik dalam menerapkan model pembelajaran sastra, khususnya puisi yang lebih menarik dan sesuai dengan lingkungan kehidupan peserta didik . Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dalam pembelajaran puisi di kelas IV sekolah dasar. Subjek penelitian ini kelas IV SD Inpres Rappokalling 1 Makassar. Penelitian ini menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL) yang dirancang pada rencana pembelajaran dan menggunakan lembar kerja siswa yang telah disusun. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran puisi dengan model CTL yang memuat tiga metode pembelajaran, yakni tanya jawab, diskusi, dan demonstrasi mampu membuat siswa terlibat aktif dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Model CTL juga mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap nilai-nilai moral dan budaya yang terkandung dalam puisi. Hal ini bisa dijadikan pedoman sebagai salah satu alternatif dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran puisi dengan menggunakan model CTL di Sekolah dasar pada kurikulum 2013.