Urgensi Penilaian dalam Pembelajaran BIPA
View/ Open
Date
2018-04Author
Rahmawati, Laili Etika
Gajewski, Dawid Michał
Metadata
Show full item recordAbstract
Makalah ini bertujuan untuk mengeksplanasikan urgensi penilaian dalam pembelajaran BIPA. Metode yang diterapkan dalam penyusunan makalah ini adalah metode penelitian deskriptif eksplanatif yang dilakukan dengan teknik studi pustaka, wawancara, dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penilaian dalam pembelajaran BIPA merupakan unsur yang sangat penting dalam pengelolaan kursus BIPA. Dengan adanya penilaian BIPA yang dilakukan dengan menerapkan sebelas prinsip penilaian, yaitu: (1) terpadu, (2) komprehensif, (3) berkesinambungan, (4) objektif, (5) relevan, (6) teratur, (7) valid, (8) mendidik, (9) berorientasi pada perkembangan pembelajar, (10) terbuka, dan (11) bermakna, dapat meningkatkan motivasi pembelajar BIPA untuk mencapai standar kompetensi dan kompetensi dasar yang ditentukan. Penilaian dalam pembelajaran BIPA merupakan sarana yang paling efektif untuk mengukur tingkat pencapaian penguasaan bahasa Indonesia penutur asing yang sedang dan/ atau telah selesai mengikuti program kursus BIPA.