Penggunaan Teknik Akrostik dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Menulis Puisi Siswa Kelas X IA-1 SMAN 2 Makassar
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk mendeskripsikan (1) peningkatan kemampuan menulis puisi melalui teknik akrostik siswa kelas X IA-1 SMA Negeri 2 Makassar. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus masing-masing dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Pemanfaatan teknik akrostik dapat meningkatkan kemampuan siswa menulis puisi. Pada awal proses pembelajaran kegiatan menulis puisi kurang maksimal, ini disebabkan karena guru kurang sistematis dalam menerapkan langkah-langkah pembelajaran menulis puisi melalui teknik akrostik. Setelah dilakukan perbaikan terhadap kendala yang dialami oleh guru dan siswa dalam pembelajaran menulis puisi melalui teknik akrostik keadaan kelas semakin kondusif dan siswa tampak serius dalam belajar, siswa memerhatikan pembelajaran secara antusias, berperan aktif serta merespon positif teknik pembelajaran yang diterapkan. Persentase jumlah siswa aktif pada siklus I sebesar 71,52% sedangkan pada siklus II sebesar 80,76%. Hal ini menunjukkan terjadinya peningkatan proses pembelajaran sebesar 9,24%.
Hasil penelitian menunjukkan kemampuan menulis puisi dengan teknik akrostik mengalami peningkatan. Nilai rata-rata siswa siklus I sebesar 69,91 sedangkan nilai pada siklus II sebesar 76,39 sehingga terjadi peningkatan sekitar 6,48.