Show simple item record

dc.contributor.authorNugroho, Sidiq Permono
dc.contributor.authorSetyawan, Anton Agus
dc.contributor.authorIsa, Muzakar
dc.contributor.authorSusila, Ihwan
dc.contributor.authorPraswati, Aflit Nuryulia
dc.contributor.authorMangifera, Liana
dc.date.accessioned2018-06-02T06:51:50Z
dc.date.available2018-06-02T06:51:50Z
dc.date.issued2018-05
dc.identifier.citationDiPietro, R.B, Breiter .D, Rompf .P dan Godlewska .M (2008), Journal of Convention and Event Tourism, Vol 9 (4). Pp 258-276. Gan .L.L dan Frederick J.R (2011), Medical Tourism in Singapore: A Structure-Conduct- Performance Analysis, Journal of Asia-Pacific Business, 12: pp.141–170 Lee .S.H dan Fenich ,G.G (2016), Perceived fairness of room blocks in the Meetings, Incentives, Convention, and Exhibition industry, Journal of Convention & Event Tourism, Vol. 17(2), pp. 159-171. McCartney .G (2008), The CAT (Casino Tourism) and the MICE (Meetings, Incentives, Conventions, Exhibitions): Key Development Considerations for the Convention and Exhibition Industry in Macao, Journal of Convention & Event Tourism, Vol. 9(4), pp. 293-308. Pratiwi, T. P. (2015). Strategi Peningkatan Pendapatan Asli Daerah, Investasi dan Pertumbuhan Ekonomi Kota Semarang Melalui Mice (Meeting, Incentive, Convention Dan Exhibition). Economics Development Analysis Journal, 3(4). Pearlman, D.M dan Mollere, L. (2009), Meetings, Incentive, Convention and Exhibition Evaluation Practices: An Exploratory Study Among Destination Marketing Organizations, Journal of Convention and Event Tourism. Vol 10, pp. 147-165. Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2009), hlm. 248id_ID
dc.identifier.issn2621-1572
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/9911
dc.description.abstractIndustri MICE (Meeting, Insentive travel, Convention, Exhibition) MICE merupakan pintu masuk untuk memperkenalkan pariwisata dan pada akhirnya menjadi destinasi wisata khusus (special interest tourism). Pelaku wisata mulai mengembangkan destinasi MICE sebagai destinasi unggulan karena mempunyai dampak multiplier effect bagi peningkatan ekonomi suatu daerah. Persaingan di era modern membuat destinasi MICE menjadi sangat bervariasi sesuai karakter dari suatu daerah maupun negara. Seiring dengan banyaknya Organisasi maupun kelompok profesional juga berdampak pada peningkatan penyelenggaraan MICE. Kegiatan MICE merupakan pertemuan antar anggota maupun kelompok yang mewakili suatu organisasi maupun suatu negara. Peningkatan jumlah kunjungan parwisata dunia, juga meningkat penyelenggaraan MICE menjadi trend dunia. Destinasi MICE merupakan perpaduan antara leisure dan Business dianggap tahan dari pengaruh krisis ekonomi dibandingkan pariwisata konvensional.Sebagai destinasi yang memiliki potensi yang besar dalam mendatangkan pemasukan daerah melalui sektor pariwisata, perlu mendapatkan dukungan dari seluruh stakeholder dalam pengembangannya Kota Surakarta dengan latar belakang Budaya Jawa yang kental dengan kehidupan keseharian masyarakat, memiliki potensi cukup besar bagi pengembangan Destinasi MICE. Banyak jenis destinasi dan even yang ada di Kota Surakarta menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung. Sehingga perlu mendapat perhatian dari seluruh masyarakat untuk mendukung pengembangan pariwisata. Industri pariwisata perlu didukung oleh sektor lainnya yang berkaitan langsung dengan sektor pariwisata tersebut. Sektor penting yang mampu mendukung peningkatan kinerja sektor pariwisata seperti sektor perhotelan dan perdagangan sebagai penyedia penginapan dan kebutuhan selama berkunjung. Hasil Analisis SWOT menunjukkan bahwa Kota Surakarta memiliki kalender even wisata sebagai agenda wisata yang sudah terjadwal dengan baik, Fasilitas pendukung kegiatan MICE sudah memadai, Destinasi wisata Budaya Jawa merupakan warisan kerajaan Kasunanan Surakarta merupakan pendorong pengembangan pariwisata MICE. Beberapa hal yang masih perlu ditambah adalah rute penerbangan internasional, Gedung Convention Hall yang mampu menampung 10.000 peserta, dukungan promosi branding Solo sebagai Kota MICE.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherThe National Conference on Management and Business (NCMAB) 2018id_ID
dc.subjectDestiansi MICEid_ID
dc.subjectPariwisataid_ID
dc.subjectStakeholderid_ID
dc.subjectEven Wisataid_ID
dc.titleStrategi Pengembangan MICE sebagai Upaya Peningkatan Sektor Pariwisata Kota Surakartaid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record