Kajian Pendayagunaan Konteks Berpendekatan Struktur Konversasi Dalam Pembelajaran Wacana
Abstract
Komunikasi dalam peristiwa tutur memiliki maksud dan tujuan yang disampaikan oleh penutur untuk dipahami oleh mitra tutur. Kajian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendayagunaan konteks berpendakatan struktur konversasi sebagai dalam pembelajaran wacana. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif berdasarkan telaah pustaka dari buku dan jurnal ilmiah yang berkaitan dengan konteks wacana dan struktur konversasi. Data diperoleh dari tuturan yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Teknik analisis menggunakan kaidah dalam struktur konversasi yang berkaitan dengan konteks wacana. Hasil kajian adalah tuturan dalam komunikasi dapat dilakukan dengan menggunakan strategi tertentu agar komunikasi menjadi efektif dan tujuan dapat tercapai sesuai keinginan penutur. Struktur konversasi mencakup aturan tertentu yang terangkum dalam beberapa bagian, yaitu pembuka, permulaan percakapan, pembahasan topik, penyampaian interupsi, perbaikan kesalahan, dan penutup. Kecakapan berbahasa dalam struktur konversasi dapat dicapai dengan pendayagunaan konteks agar maksud dan tujuan tuturan dapat diterima dengan baik oleh mitra tutur.