Konstruksi Kalimat Dasar Bahasa Indonesia Murid Kelas I SD 157 Pabeheang Kabupaten Sinjai
Abstract
Penelitian ini membahas tentang konstruksi kalimat dasar bahasa Indonesia murid kelas I Sekolah Dasar. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengkaji konstruksi kalimat dasar bahasa Indonesia murid kelas I SD 157 Pabeheang Kabupaten Sinjai, (2) mengkaji jenis konstruksi kalimat dasar bahasa Indonesia yang banyak digunakan murid kelas I SD 157 Pabeheang Kabupeten Sinjai. Subjek penelitian ini adalah murid kelas I yang berada dalam lingkungan SD 157 Pabaheang Kabupaten Sinjai.Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, karena berisi tentang gambaran mengenai konstruksi kalimat dasar anak SD. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode simak dan cakap.Adapun teknik yang digunakan dalam rangka melaksanakan metode simak adalah teknik catat dan teknik rekam.Catatan dan rekaman penutur itulah data diperoleh sebagai data primer penelitian konstruksi kalimat dasar anak.Hasil menunjukkan bahwa terdapat perbedaan konstruksi kalimat dasar murid kelas I SD ditinjau dari perbedaan lingkungan sosial ekonomi keluarga anak.Konstruksi kalimat dasar anak yang berasal dari status ekonomi orang tuanya tinggi berbeda dengan konstruksi kalimat dasar anak yang berasal dari status ekonomi orang tuanya rendah.Konstruksi kalimat dasar anak yang lingkungan berbahasa Indonesia sebagai bahasa pertama, berbeda dengan anak yang lingkungan berbahasa daerah sebagai bahasa pertamanya. Konstruksi kalimat dasar anak yang masuk SD berasal dari taman kanak-kanak berbeda dengan konstruksi kalimat anak yang berasal atau belum dari taman kanak-kanak. Jenis konstruksi kalimat dasar bahasa Indonesia yang banyak digunakan murid SD 157 Pabeheang Kabupaten Sinjai adalah konstruksi kalimat yang berpola (S-P-O) sebanyak 87 kalimat. Murid sudah mampu menggunakan kalimat konstruksi yang kompleks.