Stimulasi Keputusan Pembelian Produk Wisata Halal pada Konsumen Wisatawan Domestik dengan Menggunakan Model Komunikasi Pemasaran Aida: Sebuah Tinjauan Pustaka
Abstract
Marketing adalah sebuah proses yang dilakukan oleh sebuah perusahaan untuk
menciptakan nilai dan membangun hubungan yang sehat dengan para konsumennya
(Hadiyati, 2016). Marketing juga merupakan strategi yang digunakan perusahaan
dalam mencapai visi dan misi dari perusahaan itu sendiri sehingga dapat lebh unggul
daripada para pesaingnya. Salah satu cara yang dapat dilakukan pada proses marketing
adalah dengan berkomunikasi dengan konsumen melalui iklan. Tujuan dari iklan selain
untukk berkomunikasi adalah untuk membuat konsumen tahu, membujuk, memperayai,
tertarik, dan membeli produk yang diiklankan (Rawal, 2013). Model AIDA dapat
digunakan sebagai sebuah alat ukur terhadap keefektifan iklan yang akan atau sudah
dibuat. Artikel ini membahas tinjauan pustaka mengenai model komunikasi pemasaran
AIDA yang dapat digunakan untuk menstimulasi keputusan pembelian produk wisata
halal Indonesia oleh wisatawan domestik.