• Login
    View Item 
    •   Home
    • Penelitian (Research)
    • Psikologi
    • View Item
    •   Home
    • Penelitian (Research)
    • Psikologi
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Instrumen Minat Vokasional Berbasis Tipologi Holland untuk Eksplorasi Karir Siswa Sekolah Menengah Pertama

    Thumbnail
    View/Open
    YUDHI SATRIO ABSTRACK.pdf (868.7Kb)
    YUDHI SATRIO BAB I.pdf (874.7Kb)
    YUDHI SATRIO BAB II.pdf (894.4Kb)
    YUDHI SATRIO BAB III.pdf (905.9Kb)
    YUDHI SATRIO BAB IV.pdf (990.1Kb)
    YUDHI SATRIO BAB V.pdf (923.5Kb)
    YUDHI SATRIO DAFTAR PUSTAKA.pdf (933.2Kb)
    Date
    2014
    Author
    Artosandi, Yudhi Satria Restu
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penentuan karir pada lulusan Sekolah Menengah Pertama yang menjadi suatu momen yang penting bagi kehidupan individu ini, membuat beberapa siswa mencari bantuan untuk menentukannya baik melalui pihak sekolah maupun institusi lainnya. Namun pada kenyataannya banyak siswa SMP yang masih mengalami kesulitan untuk menentukan minat karir mereka. Saat ini belum banyak alat ukur psikologis yang dapat digunakan untuk melakukan pengukuran untuk dapat membantu siswa secara optimal. Muncul kebutuhan akan alat ukur praktis yang dapat dipergunakan sebagai alat bantu bagi para guru BP dan konsultan pendidikan untuk dapat memberikan konseling awal yang tepat bagi para siswanya. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan intrumen minat vokasional berbasis tipologi Holland untuk membantu eksplorasi karir siswa SMP, menghasilkan validasi dari intrumen minat vokasional berbasis tipologi Holland untuk membantu eksplorasi karir siswa SMP. Metode Penelitian yang digunakan da;am penelitian ini adalah metode pengembangan intrumen psikologi. Sedangkan subyek yang dilibatkan adalah semua siswa kelas IX di Sekolah Menengah Pertama di kota Surakarta. Pemeilihan subyek penelitian ini sebagai titik awal atau pilot project untuk melakukan pengujian terhadap instrument yang dihasilkan. Setelah diperoleh validitas dan reliabilitas dengan menggunkan pendekatan structural equation modeling (SEM) maka akan diperoleh kompilasi intrumen akhir yang dapat dijadikan sebagai instrument stnadar dalam penetapan pendidikan lanjutan para siswa SMP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teori Holland dengan enam aspek RIASEC nya terbukti secara empiris dapat digunakan untuk mengembangkan alat ukur minat vokasional yang digunakan untuk membantu eksplorasi karis siswa SMP
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/5564
    Collections
    • Psikologi

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV