• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2015
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2015
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Aplikasi Jaringan Syaraf Tiruan Kohonen Som dalam Pengelompokan Mutu Pendidikan pada Jenjang Sekolah Dasar

    Thumbnail
    View/Open
    997_1008 Saifudin Kapita.pdf (3.241Mb)
    Date
    2015-03-07
    Author
    Kapita, Syarifuddin N.
    Irawan, Isa
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Menjaminan mutu pendidikanadalahsalah satu upaya dalam peningkatan mutu pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia. Upaya-upaya yang dilakukan berbagai pihak termasuk pemerintah belum juga memenuhi harapan, faktanya program-program pendidikandi sekolah, mulai dari ketenagaan,honorer,tunjangan pendidikan, hingga pengambilan kebijakan kepada lembaga secara sepihak, tidak menyeluruh, dan hanya dipilih pada pihak tertentu, yang tidak secara proporsional. Kemajuan dibidang pendidikan juga demikian, ada lembaga pendidikan yang memperoleh bantuan secara penuh dan terus-menerus, namun ada lembaga pendidikan yang tidak pernah mendapatkan perhatikan. Fakta lain yaitu pendidikan gratis yang belum maksimal, hal ini menyebabkan tingkat kesadaran dan partisipasi masyarakat khususnya Maluku Utara dalam menyekolahkan anakkurang. Aplikasi jaringan syaraf tiruan kohonen SOMdapat mengelompokan berdasarkan kesamaan atribut yang dimiliki bersama. Atribut yang dimiliki berupa acuan mutu pendidikan yang digunakan untuk pencapaian atau pemenuhan mutu pendidikan pada satuan pendidikan yang disebut dengan Standar Nasional Pendidikan (SNP). Sistem mampu menghasilkan kelompok mutu pendidikan pada jenjang sekolah dasar sesuai dengan kemiripan atribut, sehingga dapat diketahui sekolah-sekolah mana yang memenuhi mutu pendidikan dan yang belum memenuhi mutu pendidikan.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/5695
    Collections
    • Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2015

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV