Berpikir Matematis di Lingkungan Psikososial yang Ramah Anak
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh lingkungan psikososial yang
ramah anak terhadap berpikir matematis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode penelitian kajian kepustakaan (library research). Hasil penelitian menunjukkan
bahwa berpikir matematis adalah suatu proses dinamis yang dapat memperluas cakupan dan
kedalaman pemahaman matematika, sehingga tingkat kerumitan proses berpikirnya lebih
tinggi. Adapun psikologi sosial adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku individu dalam
interaksi di lingkungan sosialnya. Siswa sekolah dasar dalam teori Piaget termasuk dalam
tahapan berpikir operasional konkret. Pada tahapan ini, siswa juga harus dilatih untuk berpikir
matematis agar mampu berpikir logis dalam memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-
hari. Salah satu penunjang belajar anak adalah lingkungan sosial anak yang meliputi orang tua
dan teman sebaya. Siswa juga harus berada di lingkungan yang ramah anak. Dalam lingkungan
ramah anak, terdapat 3 (tiga) prinsip pembelajaran, yaitu provisi, proteksi, dan partisipasi.
Ketiga prinsip tersebut saling berkaitan. Lingkungan psikososial yang baik dan ramah anak
akan mempermudah anak berpikir matematis.