Implementasi Strategi Pembelajaran Think Pair Share (TPS) berbasis Peta Konsep Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VII SMP
View/ Open
Date
2018-05Author
Widuri, Barokatin Intan
Setyaningsih, Nining
Metadata
Show full item recordAbstract
Tujuan penelitian ini untuk menguji (1) pengaruh strategi pembelajaran Think Pair Share berbasis peta konsep terhadap hasil belajar matematika, (2) pengaruh tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis terhadap hasil belajar matematika, (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan berpikir kreatif matematis terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian kuantitatif dengan desain kuasi eksperimental. Populasi dan sampel penelitian siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kartasura. Teknik sampling menggunakan Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis variansi dua jalur dengan sel tak sama. Hasil penelitian dengan α = 5% adalah (1) Ada pengaruh strategi pembelajaran Think Pair Share berbasis peta konsep terhadap hasil belajar matematika, (2) Ada pengaruh kemampuan berpikir kreatif matematis terhadap hasil belajar matematika, (3) Tidak ada interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan berpikir kreatif matematis terhadap hasil belajar matematika.