dc.identifier.citation | [1] Nirmala T, Shakuntala B.S. (2012). “ Attitude Of Students On Concept Mapping An Innovative Teaching Learning Strategy”. Nitte University Journal Of Health Science, 2 (4), 2249-7110. [2] Sutama. (2016). Model Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R&D. Surakarta: Fairuz Media [3] Budiyono. (2009). Statistika Untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press [4] Chianson, Mimi Marth., Ijenkeli Emmanuel O’kwu., & Mary Seraphina Kurumeh. (2015). “Effect Of Think Pair Share Strategy On Secondary School Mathematics Students’ Achievement And Academic Self Esteem in Fractions”. Benue State University. 2349-4425 [5] Yuwono., Ridlo, Muhammad., Budiyono., & Retno S.S, Dewi. (2014). “Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Dengan Strategi Peta Konsep Pada Materi Segiempat Ditinjau Dari Kemampuan Spasial Peserta Didik”. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(9), 2339-1685. [6] Aziz, Abdul., & Setyaningsih, N. (2016). Implementasi Think Pair Share Dan Group Investigation Ditinjau Dari Berfikir Kritis. Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta [7] Kuspriyanto, Budi., & Siagian, Sahat. (2013). “Strategi Pembelajaran Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Terhadap Hasil Belajar Fisika”. Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(1), 1979-6692. | id_ID |
dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini untuk menguji (1) pengaruh strategi pembelajaran Think Pair Share berbasis peta konsep terhadap hasil belajar matematika, (2) pengaruh tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis terhadap hasil belajar matematika, (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan berpikir kreatif matematis terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian kuantitatif dengan desain kuasi eksperimental. Populasi dan sampel penelitian siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kartasura. Teknik sampling menggunakan Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis variansi dua jalur dengan sel tak sama. Hasil penelitian dengan α = 5% adalah (1) Ada pengaruh strategi pembelajaran Think Pair Share berbasis peta konsep terhadap hasil belajar matematika, (2) Ada pengaruh kemampuan berpikir kreatif matematis terhadap hasil belajar matematika, (3) Tidak ada interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan berpikir kreatif matematis terhadap hasil belajar matematika. | id_ID |