Kontribusi Fasilitas dan Perhatian Orang Tua terhadap Motivasi dan Dampaknya pada Hasil Belajar Matematika
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk, (1) menguji kontribusi fasilitas,
dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar matematika secara tidak
langsung melalu motivasi (2) menguji kontribusi fasilitas, dan perhatian
orang tua terhadap motivasi, dan (3) menguji kontribusi motivasi terhadap
hasil belajar matematika. Jenis penelitian ini berdasarkan pendekatannya
termasuk kuantitatif. Populasi penelitian 240 siswa kelas VII SMP N 2
Trucuk. Sampel penelitian 152 siswa ditentukan dengan pendekatan Slovin.
Pengambilan sampel menggunakan teknik proposional random sampling.
Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi.
Analisis data hasil penelitian menggunakan analisis jalur. Diperoleh hasil
penelitian, (1) Fasilitas, dan perhatian orang tua memberikan kontribusi
secara simultan terhadap hasil belajar matematika melalui motivasi dengan (α = 0,05). (2) Fasilitas, dan perhatian orang tua memberikan kontribusi secara simultan terhadap motivasidengan (α = 0,05). (3) motivasi
memberikan kontribusi terhadap hasil belajar matematika dengan (α = 0,05).