dc.identifier.citation | [1] Akomolafe, Comfort. O., dan Veronica. O. Adesua. 2016. “The Impact of Physical Facilities on Students’ Level of Motivation and Academic Performance in Senior Secondary Schools in South West Nigeria”. Journal of Education and Practice 7(4): 38-42. [2] Arikunto, Suharsimi. 1993. Organisasi dan Administrasi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Jakarta: Raja Grafindo. [3] Awan, Riffat Un Nisa, dan Ghazala Noureen. 2011. “A study of relationship between Achievement Motivation, Self Concept and Achievement in English and Mathematics at Secondary Level”. International Education Studies 4(3): 72-78. [4] Azwar, Saifuddin. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. [5] Badan Pusat Statistik. 2016. Potret Pendidikan Indonesia Statistik Pendidikan 2016. Jakarta: Badan Pusat Statistik. Diakses pada 18 September 2017 (http://www.bps.go.id). [6] Bangun, Darwin. 2008. “Hubungan Persepsi Siswa tentang Perhatian Orang Tua, Kelengkapan Fasilitas Belajar, dan Penggunaan Waktu Belajar di Rumah dengan Prestasi Belajar Ekonomi”. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 5(1): 74-94. [7] Dimyanti dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. [8] Hartini, Sri, dkk. 2008. Psikologi Pendidikan. UMS: BP-FKIP. [9] Helmawati. 2014. Pendidikan Keluarga. Bandung: Remaja Rosdakaya. [10] Inayah, Ridaul dan Trisno Martono. 2013. “Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi Belajar Siswa, dan Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Lasem”. Jurnal Pendidikan Insan Mandiri, 1(1): 1-12. [11] Kaukab, Syeda. R. 2016. “The Impact of Parent/Family Involvement on Student’ Learning Outcomes”. Journal of Research Granthaalayah 4(10): 78-81. [12] Khafid, Muhammad. 2008. “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Ketuntasan Belajar Akuntansi: Motivasi Belajar sebagai Variabel Intervening”. Lembaran Ilmu Kependidikan Jilid 37 No. 1. [13] Konferensi Pers UN 2017 Jenjang SMP. 2017. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. [14] Ningsih, Rita, dan Arfatin Nurrahmah. 2016. “Pengaruh Kemandirian Belajar dan Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Matematika”. Jurnal Formatif 6(1): 73-84. [15] Nur, Muhammad.A. 2016. “Pengaruh Perhatian Orang Tua, Konsep Diri, Persepsi tentang Matematika terhadap Hasil Belajar Matematika melalui Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri di Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba”. Jurnla Matematika dan Pembelajarannya 2016 2(2): 64-79. [16] Programme For International Student Assessment (PISA) 2015. [17] Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. 2009. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. [18] Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo. [19] Silalahi, Karlinawati. 2010. Keluarga Indonesia: Aspek dan Dinamika Zaman. Jakarta: Rajagrafindo Persada. [20] Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. [21] Solekhah, Ika Maratus dan Syamsu Hadi. 2014. “Pengaruh Fasilitas Belajar dan Lingkungan Keluarga terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Melalui Motivasi Belajar SMP Negeri 1 Ambarawa”. Economic Education Analysis Journal, 3(2): 372-378. [22] Tella, Adedeji. 2007. “The Impact of Motivation on Student’s Academic Achievement and Learning Outcomes in Mathematics among Secondary School Students in Nigeria”. Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 3(2): 149-156. [23] Werdayanti, Andaru. 2008. “Pengaruh Kompetensi Guru dalam Proses Belajar Mengajar di Kelas dan Fasilitas Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa”. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(1): 79-92. [24] Yuliani, Prastiwi dan Sucihatiningsih, D.W.P. 2014. “Pengaruh Fasilitas Belajar, Pengelolaan Kelas, dan Lingkungan Keluarga terhadap Hasil Belajar Ekonomi melalui Motivasi Belajar Siswa Kelas XI MA Al-Asror Kota Semarang. Economic Education Analysis Journal, 3(1): 24-30. [25] Yulieta, Yesiska Ratna. 2017. “Pengaruh Fasilitas Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 1 Getasan terhadap Prestasi Belajar Matematika”. Jurnal Mitra Pendidikan, 1(10): 1046-1058. | id_ID |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk, (1) menguji kontribusi fasilitas,
dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar matematika secara tidak
langsung melalu motivasi (2) menguji kontribusi fasilitas, dan perhatian
orang tua terhadap motivasi, dan (3) menguji kontribusi motivasi terhadap
hasil belajar matematika. Jenis penelitian ini berdasarkan pendekatannya
termasuk kuantitatif. Populasi penelitian 240 siswa kelas VII SMP N 2
Trucuk. Sampel penelitian 152 siswa ditentukan dengan pendekatan Slovin.
Pengambilan sampel menggunakan teknik proposional random sampling.
Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi.
Analisis data hasil penelitian menggunakan analisis jalur. Diperoleh hasil
penelitian, (1) Fasilitas, dan perhatian orang tua memberikan kontribusi
secara simultan terhadap hasil belajar matematika melalui motivasi dengan (α = 0,05). (2) Fasilitas, dan perhatian orang tua memberikan kontribusi secara simultan terhadap motivasidengan (α = 0,05). (3) motivasi
memberikan kontribusi terhadap hasil belajar matematika dengan (α = 0,05). | id_ID |