Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Bilangan Berpangkat dan Bentuk Akar pada Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajar 2017/2018
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal bilangan berpangkat dan bentuk akar kelas X Akuntansi dan menganalisis faktor-faktor penyebab siswa melakukan kesalahan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah 2 Surakarta tahun pelajaran 2017/2018. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal bilangan berpangkat dan bentuk akar: (1) kesalahan dalam memahami makna soal; (2) kesalahan dalam memahami dan menerapkan konsep; dan (3) kesalahan dalam menghitung. Faktor-faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan yaitu siswa tidak mengerti maksud dari soal yang ditanyakan, siswa belum menguasai materi prasyarat seperti : bilangan eksponen, siswa kurang paham dengan materi, siswa lupa dengan rumus, siswa kurang berlatih dalam menyelesiakan soal tentang bilangan berpangkat dan bentuk akar, siswa kurang teliti dalam menghitung, siswa tidak memeriksa kembali jawaban yang sudah dikerjakan.