Show simple item record

dc.contributor.authorPratama, Enggar Adi
dc.contributor.authorAriyanto, A
dc.date.accessioned2018-07-10T06:50:47Z
dc.date.available2018-07-10T06:50:47Z
dc.date.issued2018-05
dc.identifier.citation[1] Booth, Julie L. 2014. “Persistent and Pernicious Errors in Algebraic Problem Solving”. Journal of Problem Solving, 7. [2] Eng, Chin King, dkk. (015. “Disclosure Causes of Students Error in Resolving Discrete Mathematics Problems Based on NEA as A Means of Enhancing Creativity”. International Journal of Education, 7. [3] Jha, Shio Kumar. 2012. “Mathematics Performance of Primary School Students in Assam (India): An Analysis Using Newman Procedure”. International Journal of Computer Applications in Engineering Sciences,2. [4] Intan Kumala Dewi, Syiami dan Kusrini. 2014. “Analisis Kesalahan Siswa Kelas Viii dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Faktorisasi Bentuk Aljabar Smp Negeri 1 Kamal Semester Gasal Tahun Ajaran 2013/2014”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika.3. [5] Karniasih, Ida. 2015. “Analisis Kesalahan Newman pada Soal Cerita Matematis”. Jurnal PARADIKMA, 8. [6] Lian, Lim Hooi dan Wun Thiam Yew. 2012. “Assessing Algebraic Solving Abality: A Theoretical Framework”. International Education Studies,5. [7] Manibuy, Ronald dkk. 2014. “Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal persamaan Kuadrat Berdasarkan Taksonomi Solopada Kelas X Sma Negeri 1 Plus Di Kabupaten Nabire – Papua”. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika,2. [8] White, Allan L. 2005.” Active Mathematics In Classrooms Finding Out Why Children Make Mistakes-And Then Doing Something To Help Them. Sidney: University of Western Sydney”. Journal of Science and Mathematics Education in Southeast Asia, 15. [9] Wijaya, A., Panhuizen, M.V.D., Doorman, M. & Robitzsch, A. 2014. “Difficulties in Solving Context-based PISA Mathematics Tasks: An Analysis of Students Errors”. The Mathematics Enthusiast Journal, 11. [10] Zakaria, Effendi. 2010. “Analysis of Students’ Error in Learning of Quadratic Equations”. International Education Studies, 3.id_ID
dc.identifier.issn2528-4630
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/10104
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal bilangan berpangkat dan bentuk akar kelas X Akuntansi dan menganalisis faktor-faktor penyebab siswa melakukan kesalahan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah 2 Surakarta tahun pelajaran 2017/2018. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal bilangan berpangkat dan bentuk akar: (1) kesalahan dalam memahami makna soal; (2) kesalahan dalam memahami dan menerapkan konsep; dan (3) kesalahan dalam menghitung. Faktor-faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan yaitu siswa tidak mengerti maksud dari soal yang ditanyakan, siswa belum menguasai materi prasyarat seperti : bilangan eksponen, siswa kurang paham dengan materi, siswa lupa dengan rumus, siswa kurang berlatih dalam menyelesiakan soal tentang bilangan berpangkat dan bentuk akar, siswa kurang teliti dalam menghitung, siswa tidak memeriksa kembali jawaban yang sudah dikerjakan.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherProsiding SEMPOA (Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika) 4 2018id_ID
dc.subjectanalisisid_ID
dc.subjectkesalahan siswaid_ID
dc.subjectmenghitung bilangan berpangkat dan bentuk akarid_ID
dc.titleAnalisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Bilangan Berpangkat dan Bentuk Akar pada Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajar 2017/2018id_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record