Pembelajaran Matematika dengan Strategi Discovery Learning dan Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Fasilitas Belajar Siswa
Abstract
Tujuan dari penelitian adalah untuk menunjukkan (1) pengaruh yang signifikan antara strategi pembelajaran discovery learning dan problem based learning terhadap hasil belajar matematika, (2) pengaruhyang signifikan fasilitas belajar siswa terhadap hasil belajar matematika, (3) efek interaksi antara strategi pembelajaran discovery learning dan problem based learning dengan fasilitas belajar siswa terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain quasi experiment. Teknik pengambilan sampel dengan cara cluster random sampling. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Mojolaban. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu siswa kelas VII E dan VIIF. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama yang sebelumnya dilakukan uji normalitas menggunakan metode Lilliefors dan uji homogenitas menggunakan metode Barlett. Hasil penelitian dengan α = 5%. (1) ada pengaruh yang signifikan antara strategi pembelajaran discovery learning dan problem based learning terhadap hasil belajar matematika, (2) ada pengaruh yang signifikan fasilitas belajar siswa terhadap hasil belajar matematika, (3) ada efek interaksi antara strategi pembelajaran discovery learning dan problem based learning dengan fasilitas belajar siswa terhadap hasil belajar matematika.