Show simple item record

dc.contributor.authorKusumajaya, M. Alazhar
dc.contributor.authorAriyanto, A
dc.date.accessioned2018-07-11T01:50:31Z
dc.date.available2018-07-11T01:50:31Z
dc.date.issued2018-05
dc.identifier.citation[1] Akanmu, M. Alex dan M. Olubusuyi Fajemidagba. 2013. “Guided-discovery Learning Strategy and Senior School Students Performance in Mathematics in Ejigbo, Nigeria.” International Journal of Education and Practice, 4(12): 82-90, ISSN: 2222-1735. [2] Amri, Sofan dan Ahmad Lif Khoiru. 2010. Proses Pembelajaran Inovatif dan Kreatif dalam Kelas. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya [3]Limon. 2016. “The Effect of the Adequacy of School Facilities on Students’ Performance and Achievement in Technology and Livelihood Education.” International Journal of Academic Research in Progressive Eduvation and Development, 5(1): 45-58, ISSN: 2226-6348. [4] Maarif, Samsul. 2016. “Improving Junior High School Students’ Mathematical Analogical Ability Using Discovery Learning Method.” International Journal of Research in Education and Science, 2(1): 114-124, ISSN: 2148-9955. [5] Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. [6] Saefuddin, Asis dan Ika Berdiati. 2015. Pembelajaran Efektif. Bandung: Remaja Rosdakarya. [7] Suminar dan Meilani. 2016. “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dan Problem Based Learning Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik.” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1): 84. [8] Sutama. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, PTK dan R&D. Kartasura: Fairuz Media. [9] Tran, Trung, Ngoc-Giang Nguyen, Minh-Duc Bui, dan Anh-Hung Phan. 2014. “Discovery Learning with the Help of The GeoGebra Dynamic Geometry Software.”International Journal of Learning, Teaching and Educational Research 7(1): 44-57. [10]Uko. 2015. ‘Principalship And Effective Management Of Facilities In Secondary Schools In Cross River State, Nigeria.” International Journal of Academic Research and Reflection, 3(1): 64-77, ISSN: 2309-0405.id_ID
dc.identifier.issn2528-4630
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/10113
dc.description.abstractTujuan dari penelitian adalah untuk menunjukkan (1) pengaruh yang signifikan antara strategi pembelajaran discovery learning dan problem based learning terhadap hasil belajar matematika, (2) pengaruhyang signifikan fasilitas belajar siswa terhadap hasil belajar matematika, (3) efek interaksi antara strategi pembelajaran discovery learning dan problem based learning dengan fasilitas belajar siswa terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain quasi experiment. Teknik pengambilan sampel dengan cara cluster random sampling. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Mojolaban. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu siswa kelas VII E dan VIIF. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama yang sebelumnya dilakukan uji normalitas menggunakan metode Lilliefors dan uji homogenitas menggunakan metode Barlett. Hasil penelitian dengan α = 5%. (1) ada pengaruh yang signifikan antara strategi pembelajaran discovery learning dan problem based learning terhadap hasil belajar matematika, (2) ada pengaruh yang signifikan fasilitas belajar siswa terhadap hasil belajar matematika, (3) ada efek interaksi antara strategi pembelajaran discovery learning dan problem based learning dengan fasilitas belajar siswa terhadap hasil belajar matematika.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherProsiding SEMPOA (Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika) 4 2018id_ID
dc.subjectdiscovery learningid_ID
dc.subjectproblem based learningid_ID
dc.subjectfasilitas belajarid_ID
dc.subjecthasil belajarid_ID
dc.titlePembelajaran Matematika dengan Strategi Discovery Learning dan Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Fasilitas Belajar Siswaid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record