Analisis Kesalahan Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Menurut Langkah-Langkah Pemecahan Masalah Polya
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah
matematika menurut langkah-langkah pemecahan masalah Polya. Metode penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data penelitian diperoleh dari analisis
lembar jawaban siswa dalam menyelesaikan soal-soal pemecahan masalah sesuai dengan langkahlangkah
pemecahan masalah menurut Polya. Sampel penelitian terdiri dari 6 orang siswa yang
mempunyai jenis kemampuan yang heterogen mulai dari siswa yang berkemampuan rendah,
sedang, dan tinggi dalam pembelajaran matematika. Hasil penelitian menunjukan bahwa, siswa
yang berkemampuan tinggi sering keliru dalam mengoperasikan bentuk aljabar dalam langkah
menyelesaikan masalah dan jarang untuk memeriksa kembali pekerjaan mereka; siswa yang
berkemampuan sedang terkadang tidak memahami masalah yang terdapat dalam soal dengan baik,
sehingga akibatnya mereka salah menerapkan konsep dalam menyelesaikan masalah; sedangkan
untuk siswa yang berkemampuan rendah, ditemukan bahwa mereka sangat sulit untuk menemukan
persoalan apa yang sebenarnya terdapat dalam soal sehingga mereka sulit untuk menemukan ide
awal dalam merencanakan penyelesaian dari masalah yang ingin diselesaikan, sehingga mereka
cendrung menyerah dan tidak membuat penyelesaian terhadap masalah tersebut.