Show simple item record

dc.contributor.authorNingsi, Gabariela Purnama
dc.date.accessioned2018-07-16T05:41:01Z
dc.date.available2018-07-16T05:41:01Z
dc.date.issued2018-03
dc.identifier.citationAdams, D. & Hamm, M. (2010). Demystify Math, Science, and Technology:Creativity, Innovation,and Problem Solving. United Kingdom: Rowman & Littlefield Education A division of Rowman & Littlefield Publishers. Creswell, J. 2010. Mapping the Developing Landscape of Mixed Methods Research, in Sage Handbook of Mixed Methods in Social & Behavioral Research, Tashakkori, A. and Teddlie, C. (Eds) 2010, Sage, California, 45-68. Depdiknas. (2006a). Panduan pengembangan silabus mata pelajaran matematika. Jakarta: Depdiknas, 2006. ________. (2006b). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: Depdiknas, 2006. Gall, M. D., dkk. 2007. Educational Research: An Introduction. New York: Pearson Education Inc. Hudojo, H. (2001). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Universitas Negeri Malang: JICA. Pantaleon, K. V. (2014). Pengaruh Penggunaan Metode Pemecahan Masalah Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Motivasi Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan dan MISSIO, Vol. 6. Polya, G. 1973. How to Solve It, A New Aspect of Mathematical Method. USA: Princeton University Press. Rosyida, dkk. 2016. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Berdasarkan Pendapat John W. Santrock Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Lengkung Ditinjau Dari Gaya Belajar Dan Gaya Berpikir Siswa. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, Vol.4, No.10, hal 973-981 Desember 2016. Santrock, J. W. 2007. Child Development, Perkembangan Anak, Edisi ke-7, Jilid 2. Jakarta: Erlangga. Siswandi, dkk. 2016. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Kontekstual Pada Materi Segiempat Berdasarkan Analisis Newman Ditinjau Dari Perbedaan Gender, Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika Vol.4, No.7, hal 633-643 September 2016. Shumway, R. J. (1980). Research in Mathematics Education. Virginia: NCTM Tan, O. S. 2009. Problem-based Learning and Creativity. SINGAPORE: Cengage Learning (a division of Cengage Learning Asia Pte Ltd). Van De Walle, J. A. (2008). Matematika sekolah dasar dan menengah. (Terjemahan Suyono). Virginia: Pearson Education Inc. (buku asli diterbitkan tahun 2007). White, A. L. 2005. Active Mathematics in Classrooms: Finding out why children make mistakes and then doing something to help them. University of Western Sidney.id_ID
dc.identifier.issn2502-6526
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/10165
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika menurut langkah-langkah pemecahan masalah Polya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data penelitian diperoleh dari analisis lembar jawaban siswa dalam menyelesaikan soal-soal pemecahan masalah sesuai dengan langkahlangkah pemecahan masalah menurut Polya. Sampel penelitian terdiri dari 6 orang siswa yang mempunyai jenis kemampuan yang heterogen mulai dari siswa yang berkemampuan rendah, sedang, dan tinggi dalam pembelajaran matematika. Hasil penelitian menunjukan bahwa, siswa yang berkemampuan tinggi sering keliru dalam mengoperasikan bentuk aljabar dalam langkah menyelesaikan masalah dan jarang untuk memeriksa kembali pekerjaan mereka; siswa yang berkemampuan sedang terkadang tidak memahami masalah yang terdapat dalam soal dengan baik, sehingga akibatnya mereka salah menerapkan konsep dalam menyelesaikan masalah; sedangkan untuk siswa yang berkemampuan rendah, ditemukan bahwa mereka sangat sulit untuk menemukan persoalan apa yang sebenarnya terdapat dalam soal sehingga mereka sulit untuk menemukan ide awal dalam merencanakan penyelesaian dari masalah yang ingin diselesaikan, sehingga mereka cendrung menyerah dan tidak membuat penyelesaian terhadap masalah tersebut.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherProsiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) III 2018id_ID
dc.titleAnalisis Kesalahan Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Menurut Langkah-Langkah Pemecahan Masalah Polyaid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record