dc.identifier.citation | Adams, D. & Hamm, M. (2010). Demystify Math, Science, and Technology:Creativity, Innovation,and Problem Solving. United Kingdom: Rowman & Littlefield Education A division of Rowman & Littlefield Publishers. Creswell, J. 2010. Mapping the Developing Landscape of Mixed Methods Research, in Sage Handbook of Mixed Methods in Social & Behavioral Research, Tashakkori, A. and Teddlie, C. (Eds) 2010, Sage, California, 45-68. Depdiknas. (2006a). Panduan pengembangan silabus mata pelajaran matematika. Jakarta: Depdiknas, 2006. ________. (2006b). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: Depdiknas, 2006. Gall, M. D., dkk. 2007. Educational Research: An Introduction. New York: Pearson Education Inc. Hudojo, H. (2001). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Universitas Negeri Malang: JICA. Pantaleon, K. V. (2014). Pengaruh Penggunaan Metode Pemecahan Masalah Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Motivasi Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan dan MISSIO, Vol. 6. Polya, G. 1973. How to Solve It, A New Aspect of Mathematical Method. USA: Princeton University Press. Rosyida, dkk. 2016. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Berdasarkan Pendapat John W. Santrock Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Lengkung Ditinjau Dari Gaya Belajar Dan Gaya Berpikir Siswa. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, Vol.4, No.10, hal 973-981 Desember 2016. Santrock, J. W. 2007. Child Development, Perkembangan Anak, Edisi ke-7, Jilid 2. Jakarta: Erlangga. Siswandi, dkk. 2016. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Kontekstual Pada Materi Segiempat Berdasarkan Analisis Newman Ditinjau Dari Perbedaan Gender, Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika Vol.4, No.7, hal 633-643 September 2016. Shumway, R. J. (1980). Research in Mathematics Education. Virginia: NCTM Tan, O. S. 2009. Problem-based Learning and Creativity. SINGAPORE: Cengage Learning (a division of Cengage Learning Asia Pte Ltd). Van De Walle, J. A. (2008). Matematika sekolah dasar dan menengah. (Terjemahan Suyono). Virginia: Pearson Education Inc. (buku asli diterbitkan tahun 2007). White, A. L. 2005. Active Mathematics in Classrooms: Finding out why children make mistakes and then doing something to help them. University of Western Sidney. | id_ID |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah
matematika menurut langkah-langkah pemecahan masalah Polya. Metode penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data penelitian diperoleh dari analisis
lembar jawaban siswa dalam menyelesaikan soal-soal pemecahan masalah sesuai dengan langkahlangkah
pemecahan masalah menurut Polya. Sampel penelitian terdiri dari 6 orang siswa yang
mempunyai jenis kemampuan yang heterogen mulai dari siswa yang berkemampuan rendah,
sedang, dan tinggi dalam pembelajaran matematika. Hasil penelitian menunjukan bahwa, siswa
yang berkemampuan tinggi sering keliru dalam mengoperasikan bentuk aljabar dalam langkah
menyelesaikan masalah dan jarang untuk memeriksa kembali pekerjaan mereka; siswa yang
berkemampuan sedang terkadang tidak memahami masalah yang terdapat dalam soal dengan baik,
sehingga akibatnya mereka salah menerapkan konsep dalam menyelesaikan masalah; sedangkan
untuk siswa yang berkemampuan rendah, ditemukan bahwa mereka sangat sulit untuk menemukan
persoalan apa yang sebenarnya terdapat dalam soal sehingga mereka sulit untuk menemukan ide
awal dalam merencanakan penyelesaian dari masalah yang ingin diselesaikan, sehingga mereka
cendrung menyerah dan tidak membuat penyelesaian terhadap masalah tersebut. | id_ID |