Show simple item record

dc.contributor.authorRahmat, Basuki
dc.contributor.authorSudirman, S
dc.contributor.authorMuksar, Makbul
dc.date.accessioned2018-07-17T04:00:14Z
dc.date.available2018-07-17T04:00:14Z
dc.date.issued2018-03
dc.identifier.citationBaudson, T. G. & Preckel, F. (2013). Intelegence and Creativity: Their Relationship, with Special Attention to Reasoning Ability and Divergent Thinking. Implications for Giftedness Research and Education. Dalam Sriraman, Bharath, et al (Eds.) Advances in Creativity and Giftednes (Volume 4), (hal. 181-212). Rotterdam: Sense Publishers. Diakses dari http://gen.lib.rus.ec/book/index.php?md5=0868914F7C8F37C052F522 6EE1D36264. Beghetto, R. (2013). Nurturing Creativity in the Micro-moments of the Classroom. Dalam Sriraman, Bharath, et al (Eds.) Advances in Creativity and Giftednes (Volume 4), (hal. 3-15). Rotterdam: Sense Publishers. Diakses dari http://gen.lib.rus.ec/book/index.php?md5=0868914F7C8F37C052F522 6EE1D36264. Burns, M. (2007). About Teaching Mathematics: A K – 8 Resource. USA: Math Solutions Publications. Diakses dari http://www.gen.lib.rus.ec. Hong, E. and Ditzler, C. (2013). Incorporating Technology and Web Tools in Creativity Instruction. Dalam Sriraman, Bharath, et al (Eds.) Advances in Creativity and Giftednes (Volume 4), (hal. 16-37). Rotterdam: Sense Publishers. Diakses dari http://gen.lib.rus.ec/book/index.php?md5=0868914F7C8F37C052F522 6EE1D36264. Jung R. E. & Ryman S. G. (2013). Imaging Creativity. Dalam Sriraman, Bharath, et al (Eds.) Advances in Creativity and Giftednes (Volume 4), (hal. 68-87). Rotterdam: Sense Publishers. Diakses dari http://gen.lib.rus.ec/book/index.php?md5=0868914F7C8F37C052F522 6EE1D36264. Literacy and Numeracy Secretariat. (2011). Bansho. Capacity Building Series. Diakses dari http://www.edu.gov.on.ca/eng/literacynumeracy/inspire/research/CBS _bansho.pdf. Mendikbud. (2014). Implementasi Kurikulum 2013. Diakses dari https://kemdikbud.go.id. Moleong, L. J. 2004. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya. Pehkonen, E. (2013). The State-of-Art in Mathematical Creativity. ZDM International Reviews on Mathematical Education, 29(3), 63-67. Diakses dari https://www.emis.de/journals/ZDM/zdm973a1.pdf. Russ S. W., Fehr K. K., & Hoffmann J. A. (2013). Helping Children Develop Pretend Play Skills: Implications forGifted and Talented Programs. Dalam Sriraman, Bharath, et al (Eds.) Advances in Creativity and Giftednes (Volume 4), (hal. 49-67). Rotterdam: Sense Publishers. Diakses dari http://gen.lib.rus.ec/book/index.php?md5=0868914F7C8F37C052F522 6EE1D36264. Sisk, D. (2013). Developing Leadership Capacity in Gifted Students for The Present and The Future. Dalam Sriraman, Bharath, et al (Eds.) Advances in Creativity and Giftednes (Volume 5), (hal. 225-258). Rotterdam: Sense Publishers. Diakses dari http://gen.lib.rus.ec/book/index.php?md5=28F008AB5B3EF5A521E9 097693C02DB3. Takahashi, A. (2006). Characteristics of Japanese Mathematics Lessons. Tsukuba Journal of Educational Study in Mathematics, 25 (1), 37-44. Doi: 10.1.1.495.1839. Wamendikbud. (2014). Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013. Diakses dari https://kemdikbud.go.id. Zarivnij, K. K. (2007). Using Japanese (Ontario) Bansho: A Collective Thinkpad. Diakses dari http://leavening.nyorks. sch.uk/data/documents/OAME2007-JapaneseBanshoHdt.pdf.id_ID
dc.identifier.issn2502-6526
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/10178
dc.description.abstractTujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana menumbuhkan kreativitas siswa dalam menyelesaikan soal matematika yang berkaitan dengan lingkaran dengan menggunakan Bansho. Adapun metode pembelajaran yang digunakan adalah pembelajaran pemecahan masalah terstruktur tiga tahap. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah siswa SMP Kristen Santa Maria 2 Malang kelas VIII A sebanyak 34 siswa. Subjek ini dipilih karena siswa memiliki kemampuan yang heterogen. Adapun kegiatan kajian berupa analisis terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan sehingga menumbuhkan kreativitas siswa. Data yang digunakan berupa hasil observasi kegiatan pembelajaran dan hasil pekerjaan siswa dalam menyelesaikan soal yang diberikan. Pelaksanaan kegiatan adalah bulan maret 2017. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan bansho dapat menumbuhkan kreativitas dalam menyelesaikan soal matematika yang terlihat dari adanya solusi berbeda dalam menyelesaikan soal yang diberikan.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherProsiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) III 2018id_ID
dc.titleMenumbuhkan Kreativitas Siswa dengan Pembelajaran Menggunakan BANSHOid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record