Perbedaan Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Frekuensi Waktu Belajar SMP Kelas VII
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh frekuensi waktu belajar terhadap hasil belajar
matematika. Jenis penelitian kuantitatif dengan desain ex post facto. Populasi pada penelitian 154
siswa kelas VII SMP Negeri 5 Surakarta. Sampel penelitian 145 yang ditentukan dengan rumus
slovin. Sampling mengunakan random sampling proporsi dengan undian. Pengambilan data dengan
metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan sel
tak sama. Hasil penelitian terdapat pengaruh frekuensi waktu belajar terhadap hasil belajar
matematika (α = 5%). Siswa dengan frekuensi waktu belajar tinggi mempunyai pengaruh yang lebih
baik terhadap hasil belajar matematika dibandingkan siswa dengan frekuensi waktu belajar sedang
dan rendah. Hal ini berarti semakin tinggi frekuensi waktu belajar, maka semakin tinggi hasil
belajarnya.