Perbedaan Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Frekuensi Waktu Belajar SMP Kelas VII
dc.contributor.author | Mutatohirina, Rahmatika Nur | |
dc.contributor.author | Sutama, S | |
dc.date.accessioned | 2018-07-17T04:17:08Z | |
dc.date.available | 2018-07-17T04:17:08Z | |
dc.date.issued | 2018-03 | |
dc.identifier.citation | Kiblasan, A., Abufayed, B. F. A., Sehari A. A., Madamba, F. U., Mhanna, K. H., (2016). Analyzing the learning style and study habit ofstudents in the faculty of nursing of Al Jabal Al Gharbi University, Gharyan, Libya. Clinical Nursing Studies, 4(2), 48- 56. Diakses dari http://www.sciedupress.com/journal/index.php/cns/article/view/8887 Hasbullah. (2001). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Hanafiah, N., & Suhana, C. (2009). Konsep Strategi Pembelajan. Bandung: PT Refika Aditama. Iswadi, Hazrul. (2014). Sekelumit dari Hasil PISA 2015 yang Baru Dirilis. (online) Diakses dari https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2017/06/unbkmeningkatkan- integritas-pelaksanaan-un-jenjang-smp-hasil-un-makinhandal, 26 September 2017). Kemendikbud. (2017). Hasil UN 2017. Dikses dari https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2017/05/hasil-un-2017-indeksintegritas- meningkat, 23 September 2017) Onoshakpokaiye, E., & Odiri. (2015). Relationship of Study Habits with Mathematics Achievement. Journal of Education and Practice, 6(10), 186- 170. Dikses dari https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1081665.pdf Sutama. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R &D. Surakarta: Fairuz Media. Suranto, (2014). Pengaruh Frekuensi Belajar dan Prestasi Belajar DasarAkuntansi Keuangan Terhadap Prestasi Belajar Praktek Akuntansi I Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Akuntansi FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Prosiding. Diakses pada dari http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snpak/article/view/6720 | id_ID |
dc.identifier.issn | 2502-6526 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/10180 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh frekuensi waktu belajar terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian kuantitatif dengan desain ex post facto. Populasi pada penelitian 154 siswa kelas VII SMP Negeri 5 Surakarta. Sampel penelitian 145 yang ditentukan dengan rumus slovin. Sampling mengunakan random sampling proporsi dengan undian. Pengambilan data dengan metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan sel tak sama. Hasil penelitian terdapat pengaruh frekuensi waktu belajar terhadap hasil belajar matematika (α = 5%). Siswa dengan frekuensi waktu belajar tinggi mempunyai pengaruh yang lebih baik terhadap hasil belajar matematika dibandingkan siswa dengan frekuensi waktu belajar sedang dan rendah. Hal ini berarti semakin tinggi frekuensi waktu belajar, maka semakin tinggi hasil belajarnya. | id_ID |
dc.language.iso | other | id_ID |
dc.publisher | Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) III 2018 | id_ID |
dc.title | Perbedaan Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Frekuensi Waktu Belajar SMP Kelas VII | id_ID |
dc.type | Article | id_ID |
Files in this item
This item appears in the following Collection(s)
-
Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) III 2018
Membudayakan Literasi Matematika Untuk Penguatan Karakter