• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) III 2018
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) III 2018
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Desain Pembelajaran Literasi Matematika Melalui Model Permainan Benteng Takesi (Terampil, Kreatif dan Imajinasi)

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (1.461Mb)
    Date
    2018-03
    Author
    Mufarikhah, Imas Anisa’ul
    Amir, Mohammad Faizal
    Zakiyah, Ummu
    Yahya, Zamroni
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan desain model pembelajaran literasi matematika melalui permainan benteng TAKESI (TERAMPIL, KREATIF DAN IMAJINASI) serta membantu menyukseskan pelaksananan SDGS pada target pendidikan dalam kemampuan matematika. Yang dimaksud dengan terampil adalah dalam beragumen matematika, kreatifitas dalam memecahkan masalah matematika serta kemampuan imajinasi siswa. Ketiga komponen tersebut ada dalam komponen literasi matematika yang telah peneliti kombinasi dengan proses literasi matematika berdasarkan TIMSS dan PISA dan disesuaikan dengan kurikulum yang disesuaikan pada sekolah jenjang kelas 4 SD. Metode yang digunakan penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang diadaptasi dari Nieveen yang peneliti sesuaikan dengan kebutuhan sehingga tahapan terdiri atas preliminary stage dan prototiping stage. Pada tahap preliminari satge adalah tahap preliminary stage yang digunakan untuk mengetahui permasalahan dan beserta kajian pustaka atau literatur yang digunakan sebagai dasar untuk perencanaan desain. Pada tahap terakhir adalah prototiping stage yaitu merancang model pembelajaran permainan benteng TAKESI beserta perangkat pembelajarannya (LKK) hasil dari rancangan ini berupa draf I yang akan divalidasi oleh ahli. Kemudian penilaian dinyatakan sangat valid dan hasil dari penelitian ini merupakan draf II yaitu produk final berupa model permainan benteng TAKESI dan perangkatnya yang valid.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/10183
    Collections
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) III 2018

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV