Desain Pembelajaran Literasi Matematika Melalui Model Permainan Benteng Takesi (Terampil, Kreatif dan Imajinasi)
View/ Open
Date
2018-03Author
Mufarikhah, Imas Anisa’ul
Amir, Mohammad Faizal
Zakiyah, Ummu
Yahya, Zamroni
Metadata
Show full item recordAbstract
Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan desain model pembelajaran literasi matematika melalui
permainan benteng TAKESI (TERAMPIL, KREATIF DAN IMAJINASI) serta membantu
menyukseskan pelaksananan SDGS pada target pendidikan dalam kemampuan matematika. Yang
dimaksud dengan terampil adalah dalam beragumen matematika, kreatifitas dalam memecahkan
masalah matematika serta kemampuan imajinasi siswa. Ketiga komponen tersebut ada dalam
komponen literasi matematika yang telah peneliti kombinasi dengan proses literasi matematika
berdasarkan TIMSS dan PISA dan disesuaikan dengan kurikulum yang disesuaikan pada sekolah
jenjang kelas 4 SD. Metode yang digunakan penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang
diadaptasi dari Nieveen yang peneliti sesuaikan dengan kebutuhan sehingga tahapan terdiri atas
preliminary stage dan prototiping stage. Pada tahap preliminari satge adalah tahap preliminary
stage yang digunakan untuk mengetahui permasalahan dan beserta kajian pustaka atau literatur
yang digunakan sebagai dasar untuk perencanaan desain. Pada tahap terakhir adalah prototiping
stage yaitu merancang model pembelajaran permainan benteng TAKESI beserta perangkat
pembelajarannya (LKK) hasil dari rancangan ini berupa draf I yang akan divalidasi oleh ahli.
Kemudian penilaian dinyatakan sangat valid dan hasil dari penelitian ini merupakan draf II yaitu
produk final berupa model permainan benteng TAKESI dan perangkatnya yang valid.