Desain Pembelajaran Literasi Matematika Melalui Model Permainan Benteng Takesi (Terampil, Kreatif dan Imajinasi)
dc.contributor.author | Mufarikhah, Imas Anisa’ul | |
dc.contributor.author | Amir, Mohammad Faizal | |
dc.contributor.author | Zakiyah, Ummu | |
dc.contributor.author | Yahya, Zamroni | |
dc.date.accessioned | 2018-07-17T04:44:19Z | |
dc.date.available | 2018-07-17T04:44:19Z | |
dc.date.issued | 2018-03 | |
dc.identifier.citation | Ali. (2016). Potret Awal Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals) di Indonesia, Jakarta: Badan Pusat Statistik. Anies R. Baswedan. 2014. Gawat Darurat Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Atmojo. (2013). Pengaruh Pembelajaran Dengan Metode Problem Posing Berbantuan Multimedia Terhadap Kemampuan Spasial Sense dan Disposisi Matematis Siswa Kelas X SMK di Kota Bogor, Jakarta: Universitas Terbuka. De Lange. (2006). Mathematical Literacy for Living from OECD-PISA Perspective. Tsukuba Journal of Educational Study in Mathematics, 25,13-35.Diakses di: http://www.human.tsukuba.ac.jp/~mathedu/2503.pdf Hadi. (2016). Pendidikan Matematika Realistik. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Nainggolang. (2016). Mengapa Banyak Anak Menganggap Mateamtika Sulit?. Diakses dari http://m.metrotvnews.com/rona/keluarga/yNL8j8PNmengapa- banyak-anak-menganggap-matematika-sulit Nurmulia, & Suyitno. (2015). Mengembangkan Kemampuan Guru Matematika DalamMenyusun Soal Bermuatan Literasi Matematika Sebagai Wujud Implementasi Kurikulum 2013. Dalam Sayodi, Hartati, Handayani & Deswari : Membangun Imajinasi dan Kreativitas Anak Melalui Literasi: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, Diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Dasar, UPI, 10 Desember 2015 (hal. 182- 185). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia. OECD, PISA 2012 Assesment and Analytical Framework: Mathematics, Raeding, Science, Problem Solving and Financial Literacy, Paris: OECD Publisher, 2013. Pramudya. (2015). PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN TRADISIONAL BENTENG KALDERA UNTUK PEMBELAJARAN PENJASORKES KELAS VII SMP NEGERI 1 ADIWERNA KABUPATEN TEGAL, Fakultas Ilmu Keolaragaan: Universitas Negri Semarang, 2015) Rahmawati. (2013). Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah Untuk Siswa SMP Kelas VIII Semester 2. UNY; Pendidikan Matematika Rosalia. (2015). Literasi Matematika: Apa, Mengapa dan Bagaimana?. Pascasarjana UNY: Pendidikan Matematka. 715. Diakses di: http://seminar.uny.ac.id/semnasmatematika/sites/seminar.uny.ac.id.se mnasmatematika/files/banner/PM-102.pdf Siswono. (2008). Model Pembelajaran Matematika Berbasis Penemuan dan Pemecahan Masalah. Unesa : University Press. | id_ID |
dc.identifier.issn | 2502-6526 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/10183 | |
dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan desain model pembelajaran literasi matematika melalui permainan benteng TAKESI (TERAMPIL, KREATIF DAN IMAJINASI) serta membantu menyukseskan pelaksananan SDGS pada target pendidikan dalam kemampuan matematika. Yang dimaksud dengan terampil adalah dalam beragumen matematika, kreatifitas dalam memecahkan masalah matematika serta kemampuan imajinasi siswa. Ketiga komponen tersebut ada dalam komponen literasi matematika yang telah peneliti kombinasi dengan proses literasi matematika berdasarkan TIMSS dan PISA dan disesuaikan dengan kurikulum yang disesuaikan pada sekolah jenjang kelas 4 SD. Metode yang digunakan penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang diadaptasi dari Nieveen yang peneliti sesuaikan dengan kebutuhan sehingga tahapan terdiri atas preliminary stage dan prototiping stage. Pada tahap preliminari satge adalah tahap preliminary stage yang digunakan untuk mengetahui permasalahan dan beserta kajian pustaka atau literatur yang digunakan sebagai dasar untuk perencanaan desain. Pada tahap terakhir adalah prototiping stage yaitu merancang model pembelajaran permainan benteng TAKESI beserta perangkat pembelajarannya (LKK) hasil dari rancangan ini berupa draf I yang akan divalidasi oleh ahli. Kemudian penilaian dinyatakan sangat valid dan hasil dari penelitian ini merupakan draf II yaitu produk final berupa model permainan benteng TAKESI dan perangkatnya yang valid. | id_ID |
dc.language.iso | other | id_ID |
dc.publisher | Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) III 2018 | id_ID |
dc.title | Desain Pembelajaran Literasi Matematika Melalui Model Permainan Benteng Takesi (Terampil, Kreatif dan Imajinasi) | id_ID |
dc.type | Article | id_ID |
Files in this item
This item appears in the following Collection(s)
-
Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) III 2018
Membudayakan Literasi Matematika Untuk Penguatan Karakter