dc.identifier.citation | Bagus Ardi S., M. Prayitno dan Farida. 2015. Media Pembelajaran Matematika Dinamis di Sekolah. Universitas PGRI Semarang. Depdiknas. 2005. Pendidikan Kewarganegaraan, Strategi dan Metode Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Depdiknas. Edi Supraptana. 2011. “Eksperimentasi Penggunaan Media Komputer Dalam Pembelajaran Matematika Pada Pokok Bahasan Pecahan Ditinjau Dari Aktivitas Belajar Siswa MTS Kabupaten Klaten”. Tesis: UNS Surakarta. Hohenwarter, M., et . al . (2010). Teaching and Learning Calculus with Free Dynamic Mathematics Software GeoGebra. Tersedia; http://www. publications.uni.lu/record/2718/files/ICME11-TSG16.pdf. [15 November 2015] Rosalia, Tara. 2005. Aktivitas Belajar. http://id.shvoong.com/socialsciences/ 1961162-aktivitas-belajar/ [7 Maret 2015]. Satya Sri Handayani. 2009. “Eksperimentasi Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Struktural Think Pair Share (TPS) pada Materi Pokok Bentuk Akar dan Pangkat ditinjau dari Gaya Belajar Matematika Siswa SMA Negeri Sekabupaten Pati Tahun Pelajaran 2009/2010”. Tesis: UNS Surakarta. Trianto. 2012. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Trinandita. 1984. Penerapan Metode Pembelajaran Aktif Sebagai Upaya Membantu Meningkatkan Hasil Belajar. (www.Media.Diknas.go.id/media/document/5098.pdf.) | id_ID |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana penerapan pembelajaran model Think Pair
Share (TPS) berbantuan Geogebra meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 siklus,
masing-masing siklus terdiri atas empat tahapan yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan
refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah 31 siswa kelas XI TKJ 1 semester Gasal SMK Negeri 2
Sragen tahun pelajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi,
catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan model analisis interaktif yang
terdiri dari proses pengumpulan data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran model TPS berbantuan Geogebra dapat
meningkatkan: 1) aktivitas belajar siswa: rata-rata dari masing-masing aspek aktivitas belajar
siswa yang diamati pada tahap Pra Siklus, Siklus I, II, dan III adalah 29,68%; 48,71%; 68,71%;
dan 83,23%; 2) hasil belajar matematika siswa: pada tahap Pra Siklus, Siklus I, II, dan III nilai
rata-rata kelas pada aspek pengetahuan berturut-turut adalah 69,48; 72,45; 74,87; dan 77,48;
dengan ketuntasan belajar berturut-turut adalah 29,03%; 45,16%; 61,29%; dan 80,65%.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran model TPS
berbantuan Geogebra dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran
matematika siswa kelas XI TKJ 1. | id_ID |