Analisis Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika Siswa SMP Se-Kabupaten Manggarai Raya
View/ Open
Date
2018-03Author
Kurnila, Valeria Suryani
Ningsi, Gabariela Purnama
Lorensia, Marselina
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan siswa SMP se-Manggarai Raya
dalam memecahkan masalah matematika. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif. Subyek penelitian yang diambil terdiri dari 501
siswa yang tersebar di 10 SMP yang terdapat di Manggarai raya. Pemilihan subjek penelitian
dilakukan dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini
berbentuk instrumen tes uraian yang memuat indikator kemampuan pemecahan masalah
matematika. Data hasil penelitian dianalisis secara kuantitatif berdasarkan rubrik penilaian yang
telah dibuat. Berdasarkan hasil analisis data, telah diperoleh bahwa dari 501 peserta didik yang
tersebar di Manggarai Raya, sebagian besar siswa berada pada kategori rendah dan sangat rendah.
Nilai rata-rata kemampuan memecahkan masalah matematis siswa sebesar 4,80, dengan 43,7%
siswa melakukan kesalahan menulis informasi yang relevan dalam pemecahan masalah serta 65,3%
siswa tidak mampu menyelesaikan masalah yang tidak rutin. Temuan yang diperoleh dalam
penelitian ini, dapat memberikan gambaran umum tentang profil kemampuan siswa SMP dalam
memecahkan masalah matematika. Hal ini dapat memberikan dorongan kepada guru untuk lebih
memperhatikan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika. Selain itu, diharapkan
agar dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran selanjutnya, guru lebih mengakrabkan siswa
dengan latihan soal yang dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah.