Pembelajaran Matematika dengan Strategi Students Teams Achievement Division dan Two Stay Two Stray Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk menguji dan menganalisis: (1) perbedaan pengaruh hasil belajar
matematika dilihat dari dua strategi pembelajaran yang berbeda (Students Teams Achievement
Division and Two Stay Two Stray), (2) perbedaan pengaruh hasil belajar matematika dilihat dari
tingkat keterampilan pemecahan masalah, (3) pengaruh interaksi antara strategi dan kemampuan
pemecahan masalah pada hasil belajar Matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif
dengan desain eksperimen kuasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di
SMP Muhammadiyah 7 Surakarta. Teknik pengambilan sampel dengan Cluster Random Sampling.
Sampel penelitian kelas VIII G dan VIII E.Metode pengumpulan data menggunakan tes dan
dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan anava dua jalan sel tak sama. Kesimpulan dari
penelitian ini adalah: (1) terdapat perbedaan pengaruh terhadap hasil belajar matematika dilihat
dari dua strategi pembelajaran (STAD dan TSTS), strategi STAD memberikan hasil belajar
matematika yang lebih baik daripada strategi TSTS, (2) ada perbedaan pengaruh hasil belajar
Matematika dilihat dari tingkat keterampilan pemecahan masalah, siswa dengan kemampuan
pemecahan masalah tingkat tinggi memberikan hasil hasil belajar matematika lebih baik daripada
siswa dengan tingkat keterampilan pemecahan masalah yang rendah atau rendah. (3) Tidak ada
pengaruh interaksi antara strategi dan kemampuan memecahkan masalah pada hasil belajar
Matematika.