Implementasi Model Pembelajaran Modelling The Way dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Materi Akuntansi Piutang
View/ Open
Date
2018-04Author
Sihotang, Ijah Mulyani
Sari, Darwana Mulia
Metadata
Show full item recordAbstract
Masalah utama penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa., berdasrkan pengamatan yang
dilakukan masih ditemukannya pembelajaran yang terpusat pada guru yang akan berakibat pada rendahnya
minat siswa untuk belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah dengan
mengimplemntasikan Model Pembelajaran Modelling The Way dapat meningkatkan Hasil Belajar pada
materi Akuntansi Piutang. Penelitian ini adalah Penelitian Deskriptif analisis, yang menjadi sampel
penelitian adalah siswa SMK BM. Instrument penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan tes
yang sudah divalidasi, dari 20 butir tes yang disusun ada 15 butir tes yang valid. Teknik analisi yang
digunakan adalah teknik analisis analisis deskriptip. Penelitian ini diawali dengan melakukan pre tes atas
siswa untuk mengetahui kemampuan siswa sebelum dilakukannya model pembelajaran Modelling The Way.
Hasilnya diperoleh rata-rata nilai siswa sebesar 38,03 dengan standar Deviasi sebesar 3,98. Selesai
pembelajaran dilakukan postes diperoleh rata-rata nilai siswa sebesar 61,4 dengan standar deviasi sebesar
8,27. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa dengan diterapkannya model pembelajaran Modelling The
Way.dapat meningkatkan hasil belajar pada materi akuntansi Piutang.