• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) III 2018
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) III 2018
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pembelajaran Model Penemuan Terbimbing dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Perbandingan Ditinjau dari Adversity Quotient Siswa Kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2016/2017

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (1.239Mb)
    Date
    2018-03
    Author
    Sari, Irma Ludyana
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh model pembelajaran dengan pendekatan saintik terhadap prestasi belajar matematika siswa ditinjau dari kemampuan Adversity Quotient siswa. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimental. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Sragen tahun pelajaran 2016/2017. Sampel berasal sari siswa di SMP Negeri 1 Karangmalang dan SMP negeri 2 Karangmalang dengan teknik menggunakan stratified cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan metode tes. Analisis uji coba insrumen tes meliputi uji validitas isi, uji daya pembeda, uji tingkat kesukaran dan uji reliabilitas. Teknik analisis data meliputi uji prasyarat (uji normalitas serta homogenitas) dan uji keseimbangan. Uji hipotesis menggunakan analisis variansi dua jalan sel tak sama dengan signifikan 5%. Kesimpulan pada peeliian ini adalah : Berdasarkan hasil anava dua jalan sel tak sama diperoleh Fab = 3,483 < F0,05;2;118 = 3,073 sehingga berada didaerah kritik dengan H0 ditolak berarti ada interaksi antara model pembelajaran dengan tingkat Adversity Quontient terhadap prestasi belajar siswa pada pokok bahasan perbandingan. Hal ini sesuai dengan hipotesis penelitian yang menyatakan bahwa model pembelajaran dengan Adversity Quontient saling berpengaruh, Bahwa AQ climber lebih baik dari AQ yang lain maka disimpulkan bahwa pembelajran penemuan terbimbing dengan pendekatan saintifik mempengaruhi setiap tingkatan AQ yang dimiliki siswa dan dapat ditunjukkan AQ climber yang dimiliki siswa lebih baik dari AQ camper dan AQ quitter berdasarkan rerata marginal AQ climber sebesar 71 selanjutnya AQ camper sebesar 64,23 dan AQ quitter sebesar 67,33 akan tetapi siswa yang memiliki AQ quitter lebih baik daripada AQ camper hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor yang mengakibatkan AQ camper tidak lebih baik dari AQ quitter.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/10221
    Collections
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) III 2018

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV