dc.contributor.author | Apriyadi, Fiky | |
dc.contributor.author | Fauziah, Miftahul | |
dc.date.accessioned | 2018-09-04T03:10:50Z | |
dc.date.available | 2018-09-04T03:10:50Z | |
dc.date.issued | 2018-04 | |
dc.identifier.citation | AASHTO, 1993, Guide For Design of Pavement Structures, Washington DC. Afrizal, 2014, Analisa Pengaruh Muatan Berlebih Terhadap Umur Rencana Perkerasan Jalan, Artikel, Universitas Bung Hatta, Padang. Departemen Perhubungan, 2008, Panduan Batasan Maksimum Perhitungan JBI (Jumlah Berat yang diizinkan) dan JBKI (Jumlah Berat Kombinasi yang diizinkan) Untuk Mobil Barang, Kendaraan Khusus, Kereta Penarik berikut Kereta Tempelan/Gandengan, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Jakarta. Departemen Pekerjaan Umum, 2007, Spesifikasi Umum Jalan dan Jembatan. Departemen Permukiman dan Prasarana Wilayah, 2004, Survai Pencacahan Lalu Lintas dengan Cara Manual. Departemen Permukiman dan Prasarana Wilayah, 2003, Pedoman Perencanaan Perkerasan Lentur. Departemen Permukiman dan Prasarana Wilayah, 2003, Departemen Permukiman dan Prasarana Wilayah, 2003, Pedoman Perencanaan Perkerasan Lentur. Direktorat Bina Marga, 1987, Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur Jalan raya dengan Metode Analisa Komponen. Hardiyatmo, H.C, 2011, Perancangan Perkerasan Jalan dan Penyelidikan Tanah, UGM Press, Yogyakarta. Mulyono, 2011, Kepatuhan Penerapan Standar Mutu Untuk Mewujudkan Minded Penyelenggara Jalan Daerah, Pidato Pengukuhan Jabatan Guru Besar pada Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. NAASRA. 2004. A Guide to The Visual Assesment of Pavement Condition. Austrarlia. | id_ID |
dc.identifier.issn | 2580-8834 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/10300 | |
dc.description.abstract | Jalan Diponegoro, Cilacap, Jawa Tengah merupakan jalur utama di wilayah selatan Jawa yang banyak dilalui oleh kendaraan berat, sehingga berpotensi sering terjadi pelanggaran muatan berlebih yang dapat berpengaruh terhadap kondisi perkerasan jalan yang telah direncanakan. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh muatan berlebih pada kendaraan berat terhadap kondisi jalan, yaitu mencakup vehicle damage factor, umur rencana dan kebutuhan tebal perkerasan. Data yang digunakan menggunakan data sekunder berupa data berat kendaraan aktual dari jembatan timbang Wanareja, data perencanaan jalan dari P2JN, kemudian perhitungan presentase nilai VDF akibat muatan berlebih dan penurunan umur rencana menggunakan nilai vehicle damage factor metode AASHTO (1993), NAASRA (2004), dan Bina Marga (1987). Kemudian perhitungan kebutuhan tebal perkerasan dengan metode modifikasi AASHTO (1993). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan muatan berlebih aktual yang terjadi di Jalan Diponegoro, Cilacap diperoleh peningkatan nilai VDF kumulatif, berdasar metode Bina Marga (1987) sebesar 86,68%, berdasar metode NAASRA (2004) sebesar 81,57%, sedangkan dengan metode AASHTO (1993) sebesar 95,83%. Penurunan umur rencana akibat muatan berlebih aktual berdasar metode Bina Marga (1987) sebesar 4,137 tahun, berdasar metode NAASRA (2004) sebesar 3,954 tahun sedangkan dengan metode AASHTO (1993) sebesar 4,453 tahun. Kebutuhan tebal perkerasan akibat muatan berlebih aktual, berdasar metode Bina Marga (1987) diperoleh peningkatan 9,93% dari kondisi normal, berdasar metode NAASRA (2004) sebesar 9,41% sedangkan dengan metode AASHTO (1993) sebesar 10,69%. Pada simulasi persentase muatan berlebih diperoleh muatan berlebih 10% sudah berpengaruh terhadap kondisi jalan, diperoleh penurunan umur rencana 6 bulan dengan metode Bina Marga 1987, NAASRA (2004) dan AASHTO (1993). Kebutuhan tebal perkerasan meningkat sebesar 0,34 cm dengan nilai VDF Bina Marga (1987), dengan nilai VDF NAASRA 2004 sebesar 0,33 cm sedangkan dengan nilai VDF AASHTO (1993) sebesar 0,36 cm dari kondisi normal. | id_ID |
dc.language.iso | other | id_ID |
dc.publisher | Seminar Nasional Teknik Sipil 2018 | id_ID |
dc.subject | AASHTO 1993 | id_ID |
dc.subject | Bina Marga 1987 | id_ID |
dc.subject | NAASRA 2004 | id_ID |
dc.subject | Muatan Berlebih | id_ID |
dc.subject | Tebal Perkerasan Kaku | id_ID |
dc.subject | Umur Rencana | id_ID |
dc.title | Pengaruh Beban Berlebih Kendaraan Berat terhadap Umur Rencana Perkerasan Kaku pada Jalan Diponegoro, Cilacap | id_ID |
dc.type | Article | id_ID |