• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Pendidikan
    • Seminar Nasional Pendidikan 2018
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Pendidikan
    • Seminar Nasional Pendidikan 2018
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peningkatan Softskill Presentasi Mahasiswa melalui Lesson Study pada Mahasiswa Program Studi Teknik Lingkungan

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (2.109Mb)
    Date
    2018-12
    Author
    Widiyanti, Atik
    Utami, Athika Dwi Wiji
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Saat ini mahasiswa merupakan pusat belajar diperkuliahan. Namun sering kali perkuliahan berjalan mengandalkan dosen sebagai pusat belajar. Sehingga peran dosen semakin mendominasi. Pada matakuliah teknik analisa pencemar lingkungan, selain pemahaman tentang kualitas lingkungan mahasiswa juga harus mampu memahami cara menganalisa kualitas di lapangan secara mandiri dan teliti. Sehingga peran mahasiswa harus lebih aktif saat perkuliahan. Lesson study adalah salah satu metode untuk meningkatkan softskill mahasiswa. Pada pelaksaan kegitan lesson study ini bertujuan untuk meningkatkan softskill mahasiswa di Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo dalam mempresentasikan materi maupun menyampaikan kendala teknis analisa pencemar lingkungan sedang terjadi. Pelaksanaan lesson study dilakukan tiga kali siklus. Satu siklus terdiri dari kegiatan Plan, Do dan See. Kegiatan ini melibatkan satu dosen model, dua orang dosen observer. Pada tahap Plan dosen model melakukan perencanaan pembelajaran melalui pembuatan RPP matakuliah. Selanjutnya tahap Do dengan melakukan proses pembelajan sesuai RPP yang telah dirancang oleh dosen model dengan dilakukan observasi oleh dosen observer. Tahap terakhir adalah See dilakukan dengan mengkaji pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh dosen model dan membahas temuan yang terjadi saat perkulihan. Hasil dari lesson study pada kegiatan ini adalah peningkatan kemampuan mahasiswa dalam perkulihan baik saat presentasi maupun menyampaikan masalah teknis analisa pencemar lingkungan yang sedang dihadapi.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/10530
    Collections
    • Seminar Nasional Pendidikan 2018

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV