Show simple item record

dc.contributor.authorWidiyanti, Atik
dc.contributor.authorUtami, Athika Dwi Wiji
dc.date.accessioned2019-01-07T02:17:20Z
dc.date.available2019-01-07T02:17:20Z
dc.date.issued2018-12
dc.identifier.citationPerry, el at.,. (2009). Improving mathematics instruction through lessonstudy: a theoretical model and North American case. Journal of Mathematics Teacher Education, 12(4), 285-304. doi: 10.1007/s10857-009-9102-7 Lewis, C. (2002). What are the essential elements of Lesson Study? California Science Project, 2. Rusman. (2010). Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua). Jakarta: Raja Grafindo Persada.id_ID
dc.identifier.isbn978-602-70471-3-6
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/10530
dc.description.abstractSaat ini mahasiswa merupakan pusat belajar diperkuliahan. Namun sering kali perkuliahan berjalan mengandalkan dosen sebagai pusat belajar. Sehingga peran dosen semakin mendominasi. Pada matakuliah teknik analisa pencemar lingkungan, selain pemahaman tentang kualitas lingkungan mahasiswa juga harus mampu memahami cara menganalisa kualitas di lapangan secara mandiri dan teliti. Sehingga peran mahasiswa harus lebih aktif saat perkuliahan. Lesson study adalah salah satu metode untuk meningkatkan softskill mahasiswa. Pada pelaksaan kegitan lesson study ini bertujuan untuk meningkatkan softskill mahasiswa di Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo dalam mempresentasikan materi maupun menyampaikan kendala teknis analisa pencemar lingkungan sedang terjadi. Pelaksanaan lesson study dilakukan tiga kali siklus. Satu siklus terdiri dari kegiatan Plan, Do dan See. Kegiatan ini melibatkan satu dosen model, dua orang dosen observer. Pada tahap Plan dosen model melakukan perencanaan pembelajaran melalui pembuatan RPP matakuliah. Selanjutnya tahap Do dengan melakukan proses pembelajan sesuai RPP yang telah dirancang oleh dosen model dengan dilakukan observasi oleh dosen observer. Tahap terakhir adalah See dilakukan dengan mengkaji pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh dosen model dan membahas temuan yang terjadi saat perkulihan. Hasil dari lesson study pada kegiatan ini adalah peningkatan kemampuan mahasiswa dalam perkulihan baik saat presentasi maupun menyampaikan masalah teknis analisa pencemar lingkungan yang sedang dihadapi.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherSeminar Nasional Pendidikan 2018id_ID
dc.subjectlesson studyid_ID
dc.subjectsoftskillid_ID
dc.titlePeningkatan Softskill Presentasi Mahasiswa melalui Lesson Study pada Mahasiswa Program Studi Teknik Lingkunganid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record