• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek)
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-3
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek)
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-3
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH PERKEMBANGAN SIKAP SISWA BESERTA PERMASALAHANNYA TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA KONSEP MAKANAN DAN SISTEM PENCERNAAN MAKANAN DI KELAS XI IPS SMAN 2 SAMPIT SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2017-2018

    Thumbnail
    View/Open
    DOWNLOAD (449.5Kb)
    Date
    2018
    Author
    Sirnawati, Mega
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Biologi adalah salah satu pelajaran peminatan pada kelas IPS, pada pelaksanaan pembelajaran dengan kurikulum 2013. Teknik penilaian diri dan penilaian teman sejawat (antar peserta didik) digunakan untuk menilai sikap siswa atau peserta didik. Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk: mengungkap perkembangan sikap siswa dari penilaian diri dan penilaian teman sejawat (antar peserta didik), mengidentifikasi permasalahan yang dialami siswa dalam pembelajaran Biologi Peminatan melalui penilaian diri yang diberi umpan balik oleh siswa, dan mengungkap hubungan antara perkembangan sikap siswa dari penilaian diri dan penilaian teman sejawat (antar peserta didik) terhadap hasil belajar siswa. Penelitian tindak kelas ini merupakan sebuah studi kasus yang dilakukan SMAN 2 Sampit. Populasi penelitian ini siswa kelas XI IPS Tahun Pelajaran 2017/2018 berjumlah 132 orang dengan sampel sebanyak 29 siswa. Penelitian ini pada konsep makanan dan sistem pencernaan manusia. Pengambilan data dilakukan dengan memberikan lembar penilaian diri, lembar penilaian teman sejawat (antar peserta didik) dan soal ulangan harian. Lembar penilaian diri dan teman sejawat (antar peserta didik) untuk penilaian sikap dan soal ulangan harian untuk penilaian hasil belajar siswa. Analisis data dilakukan secara deskripstif, yakni masing-masing data hasil penilaian dihitung nilai rata-ratanya dan selanjutnya dilihat perkembangannya. Dari penilaian diri dan penilaian teman sejawat (antar peserta didik) untuk menilai sikap dapat diketahui perkembangan sikap siswa rata-rata meningkat sebesar 1.87%, dapat diketahui permasalahan yang dialami siswa dalam pembelajaran khususnya pelajaran Biologi, perkembangan sikap siswa dapat meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 20.28%.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/10532
    Collections
    • Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-3

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV