Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-3
Browse by
Recent Submissions
-
PROFIL SOAL BUATAN GURU BIOLOGI BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM DI SMA MUHAMMADIYAH SURAKARTA
(Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek Ke-3, 2018)Soal buatan guru merupakan salah satu alat yang digunakan untuk mengetahui tingkat pencapaian siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil soal buatan guru Biologi berdasrkan Taksonomi Bloom ... -
HAND SANITIZER DALAM BENTUK GEL DARI DAUN SALAM DENGAN PENAMBAHAN ALKOHOL DAN TRIKLOSAN
(Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek Ke-3, 2018)Tanaman salam (Syzygium polyanthum Wight) merupakan salah satu tanaman yang mempunyai aktivitas antibakteri. Kandungan utama yang berkhasiat sebagai antibakteri adalah flavonoid, tannin, minyak atsiri, steroid. Daun salam ... -
PERTUMBUHAN MISELIUM BIBIT F0 JAMUR MERANG (Volvareavolvaceae) PADA MEDIA BERAS MERAH (Oryzanivara) DENGAN SUMBER KARBOHIDRAT YANG BERBEDA
(Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek Ke-3, 2018)Budidaya jamur merang merupakan komoditi holtikultura yang memiliki prospek yang sangat potensional untuk dikembangkan. Biji-bijian serelia seperti sorgum, juwawut, padi dan gandum dapat digunakan sebagai bahan untuk membuat ... -
STRATEGI KONSERVASI SUMBERDAYA GENETIK JENIS TANAMAN POTENSIAL MENDUKUNG RESTORASI GAMBUT
(Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek Ke-3, 2018)Degradasi hutan rawa gambut (peatland) terutama di Pulau Sumatera dan Kalimantan terus meningkat sejak banyak terjadinya penebangan liar, kebakaran hutan dan konversi gambut untuk keperluan pertanian dan industri. Salah ... -
ESTIMASI PEROLEHAN GENETIK BERDASARKAN UJI 31 KLON JATI (TECTONA GRANDIS L.F) DI GUNUNG KIDUL
(Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek Ke-3, 2018)Pengamatan parameter genetik pertumbuhan dilakukan melalui evaluasi periodik untuk mengetahui variasi genetik karakter pertumbuhan 31 klon dari 9 populasi umur 5 tahun. Hasil evaluasi terhadap persen jadi klon cukup ... -
ANALISIS “DIAGRAM TULANG IKAN” UNTUK PENINGKATAN KEBERHASILAN PERBANYAKAN VEGETATIF MAKRO SURIAN PUTIH (Toona sureni Merr)
(Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek Ke-3, 2018)Penelitian ini mengkaji beberapa faktor yang menyebabkan kegagalan perbanyakan vegetatif makro surian putih (Toona sureni Merr) untuk mengoptimalkan keberhasilan penyiapan bibit untuk penanaman. Metode analisis menggunakan ... -
PENGEMBANGAN MODEL SEKOLAH PREMIUM MUHAMMADIYAH (SPM) DI KOTA YOGYAKARTA
(Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek Ke-3, 2018)Model-model sekolah yang banyak berkembang saat ini merupakan ciri khas sebagai keunggulan suatu sekolah. Penelitian merupakan penelitian tahun pertama pengembangan model sekolah Muhammadiyah yang bertujuan untuk: 1) ... -
EFEKTIFITAS PENERAPAN MODEL PBL (PROBLEM BASED LEARNING) DAN GL (GENERATIF LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS DAN HASIL BELAJAR PADA MATA KULIAH KOMPUTER ANALISIS DATA
(Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek Ke-3, 2018)Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) pengaruh model GL (Generatif Learning) dan model PBL (Problem Based Learning) terhadap hasil belajar; (2) pengaruh model GL (Generatif Learning) dan model PBL (Problem Based ... -
KUALITAS LABORATORIUM SEBAGAI PENUNJANG MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMA MUHAMMADIYAH 3 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018
(Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek Ke-3, 2018)Pembelajaran Biologi seharusnya dilaksanakan dengan memperhatikan aspek hands on (keterampilan), minds on (pengetahuan), dan hearts on (sikap). Salah satu metode yang dapat digunakan dalam pembelajaran Biologi ... -
ANALISIS PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR SEKOLAH DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS X SMA DI KABUPATEN JEPARA
(Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek Ke-3, 2018)Penerapan Kurikulum 2013 menuntut guru sebagai fasilitator untuk melaksanakan pembelajaran yang berorientasi pendekatan saintifik. Namun kenyataan di lapangan menunjukkan belum bisa sepenuhnya dilaksanakan. ... -
DESKRIPSI LABORATORIUM DAN PETUNJUK PRAKTIKUM BIOLOGI DI SMA MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018
(Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek Ke-3, 2018)Praktikum merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pembelajaran Biologi. Keberhasilan praktikum ditentukan salah satunya oleh kualitas laboratorium dan petunjuk praktikum yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk ... -
HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN LKS MATERI PEWARISAN SIFAT PADA SISWA KELAS IX DI SMP NEGERI 3 CEPOGO SATU ATAP TAHUN PELAJARAN 2017-2018
(Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek Ke-3, 2018)Penelitian ini bertujuan mengetahui hasil belajar IPA menggunakan LKS materi pewarisan sifat pada siswa IX di SMP Negeri 3 Cepogo Satu atap tahun pelajaran 2017-2018. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 3 Cepogo Satu Atap ... -
KEMAMPUAN TECHNOLOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (TPK) GURU IPA DI SEKOLAH INKLUSI SMP NEGERI 23 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2017 – 2018
(Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek Ke-3, 2018)Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi menuntut guru tidak hanya dapat menguasai bagaimana cara membelajarkan peserta didik dan menguasai materi pembelajaran, namun guru juga harus menguasai teknologi ... -
FENOMENA LOKAL “MATA BIRU” DI PULAU SIOMPU SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI
(Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek Ke-3, 2018)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pewarisan sifat gen mata biru di Pulau Siompu. Penelitian ini termasuk penelitian studi kasus tentang pewarisan gen mata biru di Desa Kumbewaha Pulau Siompu Kabupaten ... -
METODE MENANAMKAN NILAI RELIGIUS DALAM RENCANA PEMBELAJARAN BIOLOGI
(Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek Ke-3, 2018)Pembelajaran diharapkan dapat mengembangkan potensi peserta didik agar memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, ... -
PENGEMBANGAN BOOKLET BERDASARKAN KAJIAN POTENSI DAN MASALAH LOKAL SEBAGAI SUPLEMEN BAHAN AJAR SMK PERTANIAN
(Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek Ke-3, 2018)Keong mas (Pomacea canaliculata) hama padi yang banyak ditemukan di Mijen, Kota Semarang, diolah menjadi pupuk organik cair asam amino (pocamino) karena memiliki kandungan protein tinggi dan lemak yang rendah. Hal tersebut ... -
MENGOPTIMALKAN RESPON SISWA DAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN DENGAN PENDEKATAN JAS (JELAJAH ALAM SEKITAR) PADA PEMBELAJARAN PLANTAE
(Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek Ke-3, 2018)Salah satu cara untuk menerapkan pendidikan yang berkarakter adalah melalui integrasi pada sistem pembelajaran. Salah satunya dengan pendekatan JAS. Pendekatan JAS untuk mengoptimalkan respon siswa dan sikap peduli ... -
STANDAR LABORATORIUM BIOLOGI SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018
(Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek Ke-3, 2018)Standar Laboratorium Biologi yang baik tertuang dalam Permendiknas Nomor 24 Tahun 2007 tentang Standar Sarana dan Prasarana Pendidikan. Praktikum dapat berjalan dengan baik apabila laboratorium telah memenuh ... -
RESPON SISWA TERHADAP STRATEGI PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY PADA KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMP
(Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek Ke-3, 2018)Pembelajaran aktif yang berpusat pada siswa merupakan harapan dari setiap pendidik, tetapi siswa cenderung terbiasa dengan pembelajaran yang berpusat kepada guru dan mengandalkan sumber informasi yang disampaikan oleh guru ... -
PENGARUH PERKEMBANGAN SIKAP SISWA BESERTA PERMASALAHANNYA TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA KONSEP MAKANAN DAN SISTEM PENCERNAAN MAKANAN DI KELAS XI IPS SMAN 2 SAMPIT SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2017-2018
(Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek Ke-3, 2018)Biologi adalah salah satu pelajaran peminatan pada kelas IPS, pada pelaksanaan pembelajaran dengan kurikulum 2013. Teknik penilaian diri dan penilaian teman sejawat (antar peserta didik) digunakan untuk menilai sikap siswa ...