Show simple item record

dc.contributor.authorSuniah, S.
dc.contributor.authorRizqiyah, Iffatur
dc.date.accessioned2019-01-07T06:23:05Z
dc.date.available2019-01-07T06:23:05Z
dc.date.issued2018
dc.identifier.issn2527-533X
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/10533
dc.description.abstractPembelajaran aktif yang berpusat pada siswa merupakan harapan dari setiap pendidik, tetapi siswa cenderung terbiasa dengan pembelajaran yang berpusat kepada guru dan mengandalkan sumber informasi yang disampaikan oleh guru sehingga siswa menjadi pasif dan kemampuan siswa menjadi kurang berkembang, serta siswa tidak mampu menyelesaikan permasalahan yang ada dilingkungan sekitarnya. Oleh sebab itu, perlu diterapkan strategi pembelajaran yang mampu membimbing siswa secara aktif terlibatdalam kegiatan pembelajaran untuk menemukan dan menyelesaikan permasalahan yang ada dilingkungannya, sehingga pengetahuan yang dimiliki lebih aplikatif. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan strategi pembelajaran guided inquiry, yang bertujuan untuk mengoptimalisasikan respon siswa dalam kegiatan pembelajaran. Metode penelitian deskriptif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata respon siswa terhadap penerapan strategi pembelajaran guided inquiry sebesar 83,47% dengan kriteria sangat kuat. Berdasarkan data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa respon siswa sangat baik ketika pembelajaran dibimbing menggunakan strategi pembelajaran guided inquiry dalam memecahkan permasalahan yang ada dilingkungannya.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherProsiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek Ke-3id_ID
dc.titleRESPON SISWA TERHADAP STRATEGI PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY PADA KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMPid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record