dc.description.abstract | Pembelajaran diharapkan dapat mengembangkan potensi peserta didik agar memiliki kekuatan spiritual keagamaan,
pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Implementasi nilai karakter dan moral dalam pembelajaran merupakan alternatif yang diharapkan mampu menjawab tantangan tersebut. Solusi yang ditawarkan adalah mengintegrasikan nilai religius (nilai Islam) dalam pembelajaran sains biologi. Kandungan nilai bahan ajar biologi meliputi nilai praktis, nilai religius, nilai kehidupan sehari- hari, nilai sosial politik, nilai seni. Dalam nilai religius/Islam (Alquran dan Hadist) terdapat berbagai metode yang dapat menyentuh perasaan, jiwa dan membangkitkan motivasi. Pembelajaran dengan nuansa Islami dapat dilakukan dengan pendekatan deduktif maupun induktif, metode yang digunakan dengan cara Amtsal (perumpamaan/analog), Hiwar (dialog), Targhib & Tarhib (janji & ancaman), Keteladanan (contoh). Strategi yang tepat dalam pengintegrasian nilai Islam ini dituangkan dalam desain rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Pengintegrasian nilai Islam dalam perencanaan pembelajaran akan memberikan kemudahan guru menanamkan karakter, karena nilai Islam dapat di implementasikan pada setiap langkah pembelajaran. Sehingga siswa akan terbiasa menerima nilai karakter tanpa harus terpisah menjadi pokok bahasan/meteri tersendiri. | id_ID |