Show simple item record

dc.contributor.authorYohana, Y.
dc.contributor.authorAgustina, Putri
dc.date.accessioned2019-01-08T01:42:33Z
dc.date.available2019-01-08T01:42:33Z
dc.date.issued2018
dc.identifier.issn2527-533X
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/10544
dc.description.abstractPembelajaran Biologi seharusnya dilaksanakan dengan memperhatikan aspek hands on (keterampilan), minds on (pengetahuan), dan hearts on (sikap). Salah satu metode yang dapat digunakan dalam pembelajaran Biologi agar tercapai ketiga aspek tersebut adalah praktikum. Praktikum dapat terlaksana dengan baik apabila ditunjang dengan sarana dan prasarana yang memadai salah satunya adalah laboratorium. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas laboratorium sebagai sarana penunjang pembelajaran Biologi di SMA Muhammadiyah 3 Surakarta pada tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif.Data dalam penelitian ini adalah laboratorium biologi di SMA Muhammadiyah 3 Surakarta tahun pelajaran 2017/2018. Teknik dan instrumen pengumpulan data diantaranya observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Laboratorium biologi dilihat dari tujuh aspek memperoleh persentase: a) kondisi ruang 75% (baik), b) sarana perabot 57,14% (cukup baik), c) peralatan pendidikan 76% (baik), d) alat dan bahan 38,89% (kurang baik), e) media pendidikan 100% (sangat baik), f) bahan 23,08% (kurang baik), g) perlengkapan lain 80% (baik), dengan nilai rata-rata 64,3% kategori baik. Simpulan penelitian ini adalah kualitas kelengkapan penunjang praktikum biologi di SMA Muhammadiyah 3 Surakarta tahun pelajaran 2017/2018 dikategorikan baik.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherProsiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek Ke-3id_ID
dc.titleKUALITAS LABORATORIUM SEBAGAI PENUNJANG MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMA MUHAMMADIYAH 3 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018id_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record