PENGEMBANGAN MODEL SEKOLAH PREMIUM MUHAMMADIYAH (SPM) DI KOTA YOGYAKARTA
Abstract
Model-model sekolah yang banyak berkembang saat ini merupakan ciri khas sebagai keunggulan suatu sekolah. Penelitian
merupakan penelitian tahun pertama pengembangan model sekolah Muhammadiyah yang bertujuan untuk: 1) mengetahui komponen-komponen penyusun sekolah model premium Muhammadiyah jenjang menengah pertama; dan 2) mengembangkan formula/blueprint model sekolah premium Muhammadiyah jenjang menengah pertama di Kota Yogyakarta. Penelitian ini mengikuti alur pengembangan model 4-D (Define, Design, Development & Disseminate). Subjek dan objek penelitian adalah warga sekolah SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta sebagai sekolah yang direkomendasikan untuk dikembangkan model sekolah premium Muhammadiyah. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis inferensial. Hasil penelitian diperoleh temuan penyusun model sekolah modern dan technopreneur (MTS). Model ini dikembangkan berdasarkan konstruk penyusun sekolah yang terdiri dari: a) kepemimpinan, mencakup: strategic leadership, transformational leadership, learning centered leadership; b) budaya, mencakup: formal, akrab dinamis, berkesejahteraan; c) daya dukung sekolah, mencakup: SDM yang handal, sarana dan prasarana yang memadai; d) jejaring kerjasama, mencakup: luar negeri, dalam negeri. Formula model sekolah premium Muhammadiyah diperoleh dari standar nasional pendidikan ditambah nilai karakteristik sekolah dan keunggulan sekolah. Model sekolah yang dikembangkan adalah modern and technoprenur school (MTS) yang kemudian dirumuskan dengan formula: MTS = Kepemimpinan (L) + Budaya (C) + Daya dukung Sekolah (B) + Jejaring Kerjasama (N).